Menonaktifkan Notifikasi Auto Update pada Internet Download Manager (IDM)

Internet Download Manager atau yang lazim disingkat dengan IDM adalah salah satu download manager yang cukup populer. Software ini memang cukup bagus dan menyediakan fungsionalitas yang cukup luas, hanya saja ada salah satu hal yang menurut saya cukup mengganggu, yaitu fitur notifikasi Automatic Update yang tidak bisa dimatikan, padahal toh tanpa diupdate pun software IDM tersebut rasanya jalan lancar2 saja.

idm-01

Untungnya setelah browsing kesana kemari akhirnya ketemu juga trick untuk mematikan notifikasi Auto Update tersebut, yaitu dengan menambahkan sebuah entri baru dalam Registry Windows. Caranya sebagai berikut.

Login kedalam Windows dengan user account yang memiliki hak akses Administrator dan pastikan Internet Download Manager (IDM) dalam kondisi tertutup. Kemudian jalankan Registry Editor yaitu Run –> regedit. Pada jendela Registry Editor yang ditampilkan, di bagian kiri cari entri berikut ini:

HKEY_CURRENT_USER\Software\DownloadManager

idm-02

Kemudian di bagian kanan, cari entri LastCheck lalu klik-ganda pada entri tersebut. Pada kotak dialog Edit String yang ditampilkan, masukan tanggal melebihi tanggal saat ini, misalnya saja tanggal untuk 10 tahun kedepan dalam format MM/DD/YY. Sebagai contoh saya memasukan tanggal 10/10/25 yang artinya 10 Oktober 2025.

idm-03

Setelah selesai, tutup kotak dialog tersebut lalu tutup juga jendela Registry Editor dan restart Windows. Dan hasilnya software IDM tidak akan melakukan pemeriksaan Auto Update lagi.. :)

 

Leave a Reply