Menonaktifkan Windows Update pada Windows 10

Fitur Windows Update pada sistem operasi Windows 10 tampaknya memang sudah mutlak tidak dapat di-nonaktifkan seperti halnya Windows versi sebelumnya. Kecuali jika Windows Update Service-nya yang dimatikan, namun hal ini sangat tidak disarankan mengingat update Anti Virus pun akan ikut terhenti juga. Jika bandwidth Internet bukan masalah, fitur update secara otomatis ini sebetulnya bagus karena kondisi sistem Windows yang akan selalu terjaga. Sayangnya ada beberapa hal yang kemudian malah cukup mengganggu, misalkan saja saat hendak mematikan laptop Windows tidak bisa langsung Shut Down karena harus menyelesaikan dulu updatenya.

Untungnya ada satu cara yang imho cukup efektif untuk menonaktifkan Windows Update ini. Sebetulnya tidak 100% non-aktif, hanya saja update tidak akan di-download / di-install secara otomatis dan hanya akan muncul notifikasi saja yang bisa diabaikan dengan mudah. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan merubah opsi Windows Update pada Group Policy. Berikut ini langkah-langkahnya.

Login ke Windows 10, klik tombol Start lalu ketikan gpedit.msc. Pada pilihan gpedit.msc yang ditampilkan, klik-kanan lalu klik Run as administrator.

image

Jendela Local Group Policy Editor akan ditampilkan. Pada panel kiri, pilih Windows Configuration – Administrative Templates – Windows Components – Windows Update.

image

Pada panel kanan, klik-ganda pada pilihan Configure Automatic Updates hingga tampil kotak dialog seperti berikut ini.

image

Klik pada pilihan Enabled untuk mengaktifkan policy ini. Kemudian pada opsi Configure automatic updating, pilih 2 – Notify for download and notify for install. Jika sudah klik tombol OK, tutup semua jendela aktif, dan restart Windows.

Hasilnya? Jika ada update baru, Windows tidak akan langsung download dan install update tersebut, melainkan hanya menampilkan notifikasi saja seperti gambar berikut ini.

image

Kita tidak dapat langsung menutup notifikasi tersebut, namun klik dulu Get updates hingga ditampilkan jendela Update status seperti berikut ini.

image

Berikutnya tinggal pilih, apakah update hendak di-download, jika tidak tinggal tutup saja jendela Update status ini, dan Windows tidak akan men-download ataupun meng-install update apapun.

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya buat siapa saja yang sudah nyasar ke weblog ini :)

 

Leave a Reply