Merapihkan dan Mengamankan Album Foto / Video Kenangan (Bagian 1)


Bagian 1: Kenapa Foto/Video Kenangan Harus Disimpan?

Salah satu aktifitas saya selama 1 tahun terakhir adalah mensortir, merapihkan, atau meng-organisir ribuan file foto dan video yang bertebaran dan berserakan dimana-mana! Berawal dari puasa tahun kemarin hingga akhirnya selesai juga di bulan puasa tahun ini :D

Kenapa harus dirapihkan?
Setiap orang pasti punya kenangan, dan salah satu cara untuk menikmati kenangan tersebut adalah lewat media foto atau video. Berkat kecanggihan teknologi, mengambil foto/video menjadi sangat mudah, bisa dengan HP atau dengan bantuan kamera digital. Lantas bagaimana dengan foto-foto dulu yang masih berupa media cetak? Untungnya ada lagi teknologi canggih lainnya yang namanya Scanner. Tinggal mengumpulkan foto-foto lama, lalu di-scan satu persatu hingga menjadi file digital.

Dari waktu ke waktu jumlah foto/video ini tentunya semakin bertambah, apalagi dengan semakin canggihnya Smartphone saat ini. Tiap ada event apapun secepat kilat langsung diabadikan dengan kamera Smartphone. Akibatnya jelas jumlah foto/video semakin banyak lagi dan semakin tidak beraturan.

Nah, agar foto/video tersebut tidak hilang, akhirnya saya kumpulkan (tanpa dirapihkan), dan kemudian saya backup kedalam 2 media sekaligus, yaitu ke media DVD dan ke HDD eksternal. Sampai sini saya anggap urusan selesai karena semua file-file foto/video kenangan saya rasanya sudah aman.

Namun ternyata saya salah. Karena sekitar 2 tahun yang lalu, saat istri saya ingin melihat beberapa foto terdahulu, saya baru sadar bahwa beberapa DVD backup yang saya buat ternyata ada yang tidak bisa dibaca dengan sempurna lagi, mungkin karena kualitas media DVD-nya yang jelek, atau bisa juga karena kena jamur, tergores, dan hal lainnya lagi. Untungnya saya masih punya backup lainnya yang tersimpan di HDD Eksternal. Jadi sampai sini urusan kembali beres karena file-file kenangan saya toh masih aman.

Tapi lagi-lagi saya salah untuk masalah keamanan ini, karena awal tahun 2019 ini, HDD Eksternal saya mulai menimbulkan tanda-tanda mau pensiun. Hal ini bisa langsung ketahuan dari mulai munculnya bunyi-bunyian “tek…tek…tek” yang semakin lama semakin sering. Kondisi mulai gawat!! karena jika HDD tersebut benar-benar rusak alias tidak bisa dibaca lagi, maka semua kenangan saya pun akan hilang begitu saja :( Bayangkan kumpulan foto/video saat saya sekolah, menikah, kelahiran anak, dlsb. yang rasanya terlalu berharga untuk diabaikan begitu saja seperti foto-foto berikut ini :)

Memang ada beberapa foto/video yang pernah disimpan di media sosial, namun tentunya hanya sedikit sekali bahkan sebagian kecil saja karena tidak mungkin untuk diupload semuanya ke media sosial tersebut.

Akhirnya, dimulailah project operasi penyelamatan kenangan ini.

Langkah pertama saya adalah menyiapkan media eksternal yang baru. Sengaja saya pilih SSD dengan harapan agar performancenya lebih cepat.

Langkah kedua, semua file foto/video yang masih bisa dibaca, baik dari media DVD maupun HDD Eksternal lama saya pindahkan semuanya ke SSD yang baru tersebut. Dan Alhamdulillah karena sekitar 90% file-file kenangan saya ternyata masih bisa diselamatkan :)

Selesai sampai disini? jelas belum, silahkan baca tulisan bagian selanjutnya :)


Be the first to comment

Leave a Reply