Merapihkan dan Mengamankan Album Foto / Video Kenangan (Bagian 2)


Bagian 2: Mengorganisir File dan Folder

Setelah semua file foto/video pindah ke SSD, saya coba rapihkan isinya agar lebih rapih dan terorganisir. Proses yang saya lakukan adalah:

Mengelompokan file berdasarkan event-nya, misalnya Ulang Tahun Anak, Family Gathering Kantor, dst. Namun karena ada event yang berulang, contohnya seperti Ulang Tahun, maka event-event tersebut saya kelompokan lagi berdasarkan tahun-nya, misalnya 2002, 2003, dst. Jadi saya buat 1 folder dengan nama Album, didalam folder Album saya buat folder dengan nama Tahun, dan didalam folder Tahun barulah saya masukan file-file foto/video sesuai dengan event-nya. Contohnya bisa dilihat berikut ini.

Tidak semua foto/video ada event-nya, misalnya ada foto anak saya sedang nangkring didepan warung. Foto ini jelas gak masuk ke event manapun :P Untuk foto/video seperti ini, saya masukan dalam folder lain yang saya beri nama Mixed (nama ngasal, maksudnya foto2 campuran :D). Karena banyak, jadi saya kelompokan lagi, ada foto/video campuran untuk saya, istri, dan anak-anak.

Masih ada lagi sisa foto/video yang belum masuk ke kategori diatas. Yaitu foto/video asal jepret yang bukan manusia, misalnya foto pemandangan iseng, foto laptop, foto mainan anak, dlsb. Untuk yang ini, saya kelompokan dalam folder yang saya beri nama berdasarkan nama perangkat yang mengambil foto/video tersebut. Contohnya seperti berikut ini.

Dan setelah proses merapihkan ini selesai, akhirnya saya punya backup lagi untuk semua momen-momen kenangan dalam bentuk album foto/video yang sudah terorganisir dengan baik didalam SSD yang baru :)

Sekarang mungkin muncul pertanyaan, bagaimana caranya mengatur ribuan file foto/video dengan lebih mudah agar bisa terorganisir seperti diatas? Caranya jelas manual, namun dengan menggunakan bantuan beberapa tools atau software untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan. Tools apa saja yang saya gunakan? Silahkan baca tulisan bagian selanjutnya :)


Be the first to comment

Leave a Reply