Microsoft Download Manager v1.1

Microsoft baru saja merilis software Microsoft Download Manager gratis di situs resminya pada tanggal 20 Mei 2010. Sesuai namanya, software ini jelas digunakan untuk mempermudah urusan download dari Internet, dimana Anda dapat menyusun sebuah daftar file yang hendak didownload dan kemudian mendownloadnya secara bersamaan. Fitur pause dan resume jelas sudah disertakan didalam software ini. Ukuran software yang baru menginjak versi 1.1 ini cukup ringkas, hanya sekitar 1,1 MB dan dapat dijalankan pada sistem operasi Windows XP SP2 / SP3, Windows Vista dan tentunya Windows 7, baik platform 32-bit maupun 64-bit.

Tampilan software ini teramat sangat sederhana, Anda tidak akan menemukan sederetan menu ataupun pengaturan seting yang memusingkan. Kolom tampilan juga dibuat sederhana, yaitu hanya menampilkan nama file yang sedang didownload, persentasi download, status dan ukuran file yang sedang didownload.

image

Seperti telah disebutkan diatas, pada bagian seting juga hanya terdapat pengaturan standar saja seperti misalnya seting folder tempat menyimpan hasil download, pengaturan retry, jumlah koneksi maksimum dan pengaturan proxy.

image

Dibandingkan dengan software lainnya yang sejenis, jelas Microsoft Download Manager ini “terlalu sederhana”. Beberapa fitur dasar sebuah software download manager tidak / belum ditemukan, misalnya saja tidak bisa menangkap URL pada clipboard, tidak terintegrasi dengan browser alias harus melakukan copy-paste URL secara manual juga tidak ada fasilitas penjadwalan download. Namun mengingat sifatnya yang gratis plus ukurannya yang ringkas, maka software ini termasuk layak juga untuk disimpan, setidaknya untuk membantu Anda saat hendak mendownload suatu file daripada menggunakan fasilitas download bawaan dari browser.

Jika Anda hendak mencoba software ini, silakan kunjungi situs download resminya di alamat:
http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyID=bfe3e7c9-98c0-4f3d-be1d-f0576339943f&displayLang=en

Atau download filenya langsung:
http://download.microsoft.com/download/3/B/B/3BBEB5E3-66DF-4783-B2D9-565816DA51E0/MSDownloadManager.msi

Sekedar catatan, Microsoft Download Manager ini sebetulnya bukan yang pertama dibuat oleh Microsoft, karena sebelumnya Microsoft juga sudah membuat beberapa software download manager seperti misalnya Microsoft File Transfer Manager (FTM). FTM ini sudah lama dikenal, terutama dikalangan MCT (Microsoft Certified Trainer). Digunakan untuk mendownload file-file VM yang dibutuhkan untuk keperluan mengajar MOC (Microsoft Official Curriculum).

image

Lalu ada juga Download Manager dari Microsoft yang berbasis Java dan sepenuhnya terintegrasi dengan browser. Bagusnya Download Manager ini tidak hanya untuk Internet Explorer saja namun bisa juga dijalankan lewat Mozilla Firefox :-) Kegunaannya hanya untuk mendownload file-file tertentu saja, seperti misalnya untuk mendownload Microsoft Office 2010 versi trial 60 hari.

image

Dan jika kita perhatikan software2 tersebut tidak berdiri sendiri karena terintegrasi dengan browser untuk satu keperluan tertentu sehingga tidak ditargetkan untuk kalangan publik. Sementara Microsoft Download Manager yang baru saja dirilis ini jelas ditujukan untuk semua orang dan bisa digunakan untuk mendownload apapun selama protokol yang digunakan masih protokol http biasa.

 

Leave a Reply