Microsoft Office untuk Perangkat Tablet Berbasis Android

Aplikasi yang sangat terkenal di lingkungan pengguna desktop Windows yaitu Word, Excel, dan PowerPoint yang merupakan aplikasi utama dari paket aplikasi Microsoft Office akhirnya mulai dirilis juga pada perangkat Tablet yang berbasis sistem operasi Android setelah lama sebelumnya telah dirilis juga pada perangkat tablet berbasis Apple iOS yaitu iPad. Berbeda dengan versi dekstopnya yang sifatnya berbayar, maka aplikasi Office untuk Android ini sifatnya free alias gratis!

image-0
Image courtesy of: Office for Mobile Devices

Aplikasi Office untuk Android ini mulai dirilis Microsoft sekitar bulan November 2014. Statusnya masih Preview dan untuk mencobanya kita harus meminta invitation lewat komunitas Office di Google Plus. Namun mulai tanggal 6 Januari 2015, Microsoft telah merilis versi preview ini bagi kalangan publik tanpa harus meminta invitation terlebih dahulu. Jika Anda berminat untuk mencobanya, Anda dapat langsung menginstallnya lewat Google Play Store dengan kata kunci pencarian "Word Preview", "Excel Preview", dan "PowerPoint Preview".

Ukuran file instalasinya sekitar 115 MB hingga 127 MB, dan tidak ada yang aneh dengan proses instalasi ini alias sama saja dengan proses instalasi aplikasi lainnya pada Android.

image

Mengingat antarmuka Office yang ramai dengan beragam tombol-tombol perintah serta untuk menjaga agar bidang aplikasi utama cukup luas, maka aplikasi Office ini ditujukan terutama bagi perangkat tablet Android dengan ukuran layar 7" hingga 10". Sebetulnya Anda bisa saja memaksakan untuk menginstallnya pada perangkat Smartphone dengan layar dibawah 7", namun saat dijalankan tampilan aplikasi ini akan terpotong hingga tidak dapat digunakan secara maksimal.

Saat dijalankan pertama kali, setelah layar persetujuan lisensi penggunaan, Anda akan diminta untuk memasukan Microsoft Account atau membuat account yang baru (gratis) jika belum ada.

image

Microsoft Account tidak mutlak diperlukan, hanya saja jika Anda tidak melakukannya maka aplikasi Office hanya berfungsi sebagai reader atau hanya untuk membaca saja. Jika Anda bermaksud untuk melakukan proses penyuntingan terhadap file-file Office Anda, maka Anda harus tetap login dengan Microsoft Account.

image

Dari sisi antarmuka aplikasi, tampilan aplikasi Office untuk tablet Android ini tidak berbeda jauh dengan versi desktopnya. Kumpulan tombol-tombol perintahnya juga disimpan dalam Ribbon yang tersebar dalam beberapa Tab sesuai dengan kategori penggunaannya. Namun tentu saja tombol-tombol perintah ini tidak selengkap Office versi desktop, melainkan hanya tombol-tombol perintah tertentu saja yang umumnya sering digunakan. Perintah-perintah utama aplikasi seperti misalnya membuka dan menyimpan file, pengaturan Setting aplikasi, dlsb. juga bisa diakses lewat menu File dengan tampilan yang sama seperti Office versi desktop.

image

image

Pada menu File ini, beberapa template siap pakai pun bisa Anda gunakan untuk membuat dokumen secara cepat.

image

Berikut ini contoh tampilan bidang aplikasi Microsoft Word Preview. Terlihat bahwa perintah-perintah umum seperti mengatur format teks dan paragraph bisa dilakukan lewat aplikasi ini dengan mudah seperti halnya Word versi desktop.

image

Berikut ini contoh tampilan bidang aplikasi Microsoft Excel Preview. Chart yang cukup bervariasi hingga formula yang kompleks kini dapat dibaca sekaligus disunting secara langsung pada tablet Android Anda.

imageGambar

Berikut ini contoh tampilan bidang aplikasi Microsoft PowerPoint Preview. Format teks, obyek, hingga animasi dan transisi pada slide-slide presentasi Anda bisa Anda sunting secara langsung. Bahkan presentasi pun bisa langsung dijalankan lewat tablet Android Anda lengkap dengan variasi animasi dan transisinya.

image

Aplikasi Office untuk tablet Android ini tidak hanya dapat membuka file-file lokal yang tersimpan di tablet Anda. Tapi tentunya Anda juga dapat bekerja dengan file-file yang tersimpan di OneDrive atau di portal SharePoint dan Office 365. Microsoft bahkan menyertakan juga dukungan integrasi dengan layanan penyimpanan online Dropbox.

image

Nah, tertarik? Silakan segera download agar Anda bisa langsung mencobanya sendiri pada perangkat tablet Android Anda :)

Tautan:

 

Leave a Reply