Microsoft Remote Desktop App Untuk Perangkat Berbasis Android dan iOs

Jika Anda sering melakukan aktifitas remote ke Windows dan kebetulan menggunakan perangkat mobile berbasis Android atau iOs, maka kini Anda dapat menggunakan app Microsoft Remote Desktop di perangkat-perangkat tersebut. App ini merupakan app resmi yang dikembangkan Microsoft dan baru saja dirilis sekitar pertengahan bulan Oktober di tahun 2013 ini. Cara penggunaannya juga relatif mudah, sebagai contoh pada perangkat berbasis Android, Anda tinggal mendownload app Microsoft Remote Desktop ini di Google Play, jangan khawatir karena app ini sepenuhnya gratis alias tidak berbayar sedikit pun. Kemudian setelah proses download dan install selesai, Anda tinggal menjalankannya hingga muncul tampilan utamanya yang masih kosong.

rdp-app1

Untuk membuat koneksi remote baru, tap tombol plus di sudut kiri bawah. Kemudian isikan seting yang sesuai seperti misalnya nama untuk koneksi remote yang akan dibuat, IP Address atau hostname tujuan, serta user credential yang akan digunakan. Jika sudah, tap pada tombol checklist disudut kanan atas hingga koneksi yang dibuat tersebut akan ditampilkan.

rdp-app2

Untuk memulai proses remote, Anda tinggal melakukan tap pada koneksi tersebut, tunggu beberapa saat hingga bidang tampilan Windows akan ditampilkan pada perangkat mobile Anda seperti tampak pada gambar berikut ini.

rdp-app3

Saat melakukan proses remote, Anda dapat melakukan zoom atau menampilkan virtual keyboard dengan melakukan tap pada tombol-tombol yang sesuai dibagian atas bidang tampilan remote. Dan untuk memutus koneksi remote, tap tombol back dua kali pada perangkat mobile yang Anda gunakan hingga kembali lagi ke tampilan semula.

Demikian tulisan yang singkat ini dan mudah-mudahan ada gunanya bagi siapapun yang kebetulan nyasar ke weblog ini :)

Catatan:

Microsoft Remote Desktop App ini saya coba pada Samsung Galaxy Note 2 untuk remote ke laptop Lenovo Z360 dengan sistem operasi Windows 8.1 Professional.

Tautan:

Leave a Reply