Microsoft Virtual Academy – Media Pembelajaran Online Gratis dari Microsoft

Mau belajar IT yang terkait dengan produk dan teknologi Microsoft secara GRATIS ? Silakan manfaatkan Microsoft Virtual Academy (MVA), sebuah layanan pembelajaran online GRATIS dan tentunya resmi dari Microsoft. Fokus utama MVA adalah mengenalkan tentang apa itu teknologi Cloud dari Microsoft, hal ini dengan pertimbangan bahwa teknologi Cloud Computing yang memang sedang menjadi tren saat ini.

Namun disamping materi-materi pembelajaran tentang Cloud tersebut, tentunya masih banyak materi-materi pembelajaran lainnya yang disediakan, dari mulai materi tentang Operating System, Database Server, hingga Network Infrastructure. Bahkan materi pembelajaran untuk Windows Server 8 yang produknya sendiri belum dirilis juga sudah tersedia!

image

Semua materi pembelajaran online yang terdapat pada MVA memiliki point. Semakin banyak materi yang kita pelajari maka semakin banyak point yang akan kita dapatkan. Dari hasil pengumpulan point ini maka kita akan memiliki level atau jenjang ke tingkat Bronze, Silver, Gold hingga Platinum. Jenjang ini ditujukan agar kita dapat melihat kemajuan yang dicapai dari pembelajaran ini. Semua materi yang telah dipelajari, point yang berhasil dikumpulan hingga jenjang yang berhasil kita raih, dapat kita pantau pada sebuah halaman informasi statistik yang jelas. Hal-hal seperti ini membuat kita seakan-akan sedang belajar pada sebuah sekolah / kampus virtual.

image

Nah.. tertarikah Anda untuk mulai mempelajari materi-materi pembelajaran yang mungkin bisa membuat Anda menjadi seorang ahli IT-Professional? Silakan segera mendaftar ke situs resmi MVA di URL berikut ini:

http://bit.ly/mva-register

Panduan Singkat Pendaftaran

Bagi yang tertarik untuk mulai belajar secara online di situs MVA ini, berikut adalah panduan singkat pendaftarannya.

Untuk bisa mengakses MVA, maka Anda harus memiliki account Live-ID. Jika Anda sudah memilikinya, maka Anda boleh melewati bagian ini. Namun jika belum punya, Anda bisa mendapatkannya secara mudah dan tentunya GRATIS di URL berikut ini:

http://bit.ly/LiveID-Register

Di situs tersebut, tinggal masukan data-data yang diperlukan termasuk alamat email Anda. Lalu lakukan aktivasi untuk mulai menggunakan account Live-ID Anda.

Setelah Anda memiliki account Live-ID, masuklah ke situs resmi MVA di URL berikut ini:

http://bit.ly/mva-register

Tunggu hingga halaman pembuka situs MVA ditampilkan. Berikutnya di sudut kanan atas halaman tersebut, klik tombol Sign In.

mva-01

Masukan account Live-ID Anda berikut password-nya yang sesuai, lalu klik tombol Masuk.

mva-02

Isikan data-data yang diperlukan. Usahakan jangan mengisikan informasi yang asal-asalan / dummy data. Tapi gunakanlah nama asli Anda. Karena hasil atau pencapaian materi yang Anda dapatkan di MVA ini kemudian bisa Anda publikasikan yang mungkin bisa menjadi salah satu rujukan saat Anda hendak melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan

mva-03

Berikutnya sebuah email konfirmasi akan dikirimkan.

mva-04

Cek Inbox email Anda untuk memeriksa email dari Microsoft yang berisikan link aktivasi untuk mulai menggunakan situs MVA. Jika Anda tidak menemukannya di Inbox, cobalah untuk memerika folder Junk / Spam. Pada email tersebut, klik link aktivasi yang diberikan.

image

Sebuah informasi akan ditampilkan setelah Anda berhasil melakukan aktivasi.

mva-06

Berikutnya yang akan ditampilkan adalah halaman Dashboard yang memuat informasi statistik untuk pencapaian materi yang telah Anda pelajari. Halaman ini tentunya masih kosong karena Anda baru saja mendaftar.

mva-07

Untuk mulai mengikuti pembelajaran, klik link View the list of available tracks di bagian In progress. Dan pada halaman berikutnya yang ditampilkan, Anda dapat memilih materi apa yang hendak Anda pelajari. Materi-materi ini tentunya tidak harus Anda ambil secara berurutan alias bisa Anda ambil dengan bebas. Sebagai contoh, disini saya mencoba memilih materi pembelajaran Deploying Windows 7.

mva-08

Dan berikutnya tinggal siapkan secangkir kopi hangat, cemilan ringan bahkan beberapa batang rokok untuk mulai mengikuti pembelajaran yang disampaikan :)

image

Sajian Materi

Bahan-bahan pembelajaran pada MVA disajikan dalam beragam format materi, diantaranya adalah:

  • Video E-Learning
    image
  • Slide / Dokumen dalam format PDF
    image
  • Dokumen Online via Technet
    image

Self-Assessment Test

Setelah Anda mempelajari semua materi pada satu topik tertentu, maka berikutnya Anda dapat mengikuti Self-Assessment Test atau sebuah kuis / ujian sederhana. Ujian ini berisikan soal-soal yang terkait dengan materi yang telah Anda pelajari, bentuknya adalah multiple-choice atau pilihan ganda. Tujuannya jelas untuk menguji, sampai dimana pemahaman kita terkait dengan materi yang telah dipelajari sebelumnya.

image

Setelah selesai, hasilnya akan langsung ditampilkan. Jika Anda belum lulus maka Anda dapat me-review soal-soal tersebut lalu mengulang kembali ujian.

image

Sertifikat Bukti Keikutsertaan

Setelah mengikuti Self-Assessment Test dan dinyatakan lulus, maka Anda akan mendapatkan sebuah bukti berupa sertifikat keikutsertaan dalam format digital (PDF). Contoh sertifikat yang bisa Anda dapatkan dapat dilihat pada gambar berikut ini.

image

Penutup

Portal pembelajaran online Microsoft Virtual Academy (MVA) yang resmi dan gratis dari Microsoft ini sangat direkomendasikan untuk membantu siapa saja yang tertarik untuk mengenal ataupun mempelajari lebih lanjut beragam produk dan teknologi terkini dari Microsoft. Jangan lupakan juga sifatnya yang gratis serta mudah digunakan karena pada dasarnya yang dibutuhkan hanyalah akses internet dan internet browser saja. Adanya point serta level / jenjang pada MVA ini juga jelas dapat membantu untuk meningkatkan peluang karir dan daya saing Anda terutama dalam bidang IT-Professional.

Nah.. demikian sekedar info singkat tentang MVA ini, mudah-mudahan ada gunanya bagi siapa saja yang kebetulan nyasar ke blog ini. Dan akhir kata, selamat belajar dan bersiap menjadi seorang ahli IT-Professional!

 

Leave a Reply