Office 2010 Release Candidate

Sesuai dengan email yang saya terima tanggal 4 Februari kemarin, Microsoft Office 2010 kini sudah mencapai versi Release Candidate (RC) dengan Build Number 4734.1000 (Client) dan 4730.1010 (Server). Berbeda halnya dengan versi Beta-nya yang dirilis tahun lalu, versi RC yang semakin mendekati versi Final ini untuk sementara hanya dirilis untuk kalangan terbatas yaitu yang sudah menjadi member dari program TAP atau Technology Adoption Program.

Berdasarkan beberapa situs sumber berita di Internet, Microsoft belum memiliki rencana untuk mem-publish versi RC ini ke kalangan publik seperti versi Beta-nya dan bisa jadi versi yang langsung tersedia untuk publik adalah versi Finalnya yang menurut rencana akan dirilis sekitar bulan Juni atau Juli 2010 ini.

off2010-rc

Setelah mendownload Office 2010 RC ini dari situs Microsoft Connect, saya sendiri baru sempat meng-installnya saja dan belum sempat mengeksplorasinya lebih jauh untuk membandingkan perbedaannya dengan versi Beta. Hanya saja, ada satu perbedaan yang langsung terlihat yaitu fitur Send-a-Smile / Send-a-Frown yang sudah tidak disertakan lagi.

Perbedaan lain yang akan langsung terasa, terutama jika kita sudah menggunakan Office 2010 Beta untuk aktifitas sehari-hari, adalah adanya peningkatan unjuk kerja atau performance. Walaupun tidak sempat saya ukur dengan detail, saat membuka sebuah file dokumen yang berukuran besar dan lumayan kompleks pada aplikasi Word, kecepatan Word dalam menampilkan seluruh halaman dokumen tersebut terasa meningkat jika dibandingkan dengan versi Beta-nya.

Peningkatan performance ini juga saya rasakan pada aplikasi Outlook. Sekarang terasa lebih cepat saat loading pertama kali, maklum saja.. data email saya relatif memang tidak pernah dihapus hingga data filenya berukuran agak besar :P

Aplikasi PowerPoint juga mengalami peningkatan performance, terutama jika kita banyak memasukan file-file Video kedalam slide. Yang mengherankan, fitur embed video dari layanan video online semacam YouTube malah tidak bisa diakses pada versi RC ini, pesannya menyatakan bahwa tidak ada Flash Player yang compatibel pada komputer yang saya gunakan, padahal saya sudah meng-update Flash Player ini hingga release terakhir. Sementara pada versi Beta-nya saya tidak menemukan masalah ini.

Outlook Social Connector, yaitu fitur yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan layanan social network semacam FaceBook atau Twitter juga masih belum tersedia pada versi RC ini, padahal fitur ini termasuk salah satu fitur yang saya tunggu.

 

Leave a Reply