Office Web Apps Preview pada Layanan SkyDrive

Mulai akhir bulan Juli ini, salah satu layanan pada Microsoft SkyDrive yaitu aplikasi Office berbasis web atau yang kita kenal dengan sebutan Office Web Apps juga mulai diupdate dengan beberapa penambahan fitur-fitur baru. Interfacenya kini mengalami perubahan yaitu mengikuti interface Office 2013 Customer Preview yang kebetulan baru dirilis juga. Contoh perbedaan interface ini bisa kita lihat pada interface Word Web App berikut ini. Dapat dilihat bahwa Microsoft tampaknya membuat interface Office Web Apps ini agar menyerupai interface Office versi dekstop, misalnya saja dengan menempatkan judul dokumen ditengah-tengah bar bagian atas.

office_webapps_preview-01

Selain perbedaan interface, ada beberapa hal baru yang saya temukan pada aplikasi yang untuk sementara dinamakan Office Web Apps Preview ini. Diantaranya adalah penambahan beberapa tab, group, dan tombol-tombol perintah baru ; tampilan OneNote yang baru ; kemampuan untuk menampilkan chart pada Excel yang lebih baik ; co-authoring pada PowerPoint Web App ; dan masih banyak lagi. Perubahan juga akan terlihat pada tampilan menu utama Office yang diakses lewat menu File, jika pada Office Web Apps sebelumnya menu File ini berupa menu perintah biasa, maka pada Office Web Apps Preview menu ini digantikan dengan tampilan Backstage seperti halnya Backstage yang kita kenal pada aplikasi Office 2010 versi desktop.

backstage

Office Web Apps pada layanan SkyDrive ini tentunya tetap bersifat gratis. Dan sesuai dengan email yang saya terima, update ini akan diberlakukan secara bertahap ke tiap-tiap pengguna yang aktif. So, jika Anda merupakan pengguna layanan SkyDrive yang cukup aktif dan ingin mencoba aplikasi Office berbasis web dengan interface ala Office 2013 maka Anda dapat segera mencobanya pada layanan SkyDrive.

mail-office-webapp-preview

Berikut ini beberapa screenshot Office Web Apps Preview dalam format Hires.

Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya :)

 

Leave a Reply