Panduan Membeli Aplikasi Windows 8 pada Windows Store


Windows 8 dilengkapi dengan sebuah pasar aplikasi yang disebut dengan Windows Store atau Store saja. Selain aplikasi free atau gratisan, didalam pasar aplikasi ini tersedia juga aplikasi berbayar yang tentunya bisa kita beli secara online. Di kawasan Indonesia, metode pembayaran yang tersedia untuk sementara baru bisa menggunakan Credit Card. Kedepannya mudah-mudahan akan semakin banyak lagi pilihan metode pembayaran lainnya, misalnya dengan kartu debit atau kalo perlu Rekber KasKus.. :P Bagaimana cara membeli aplikasi dari Store ini? berikut panduan singkatnya.

Tahap pertama adalah mengubah nilai mata uang. Secara default harga aplikasi pada Store ditampilkan dengan satuan USD ($).

image

Berhubung kita tinggal di Indonesia dengan mata uang Rupiah (Rp atau IDR), maka nilai mata uang tersebut harus kita rubah terlebih dahulu. Tutup Store lalu jalankan Control Panel > Region. Pada kotak dialog Region yang ditampilkan, klik tab Location lalu rubah Home location menjadi Indonesia. Jika sudah tutup kotak dialog tersebut dengan meng-klik tombol OK.

SNAGHTML83549b7

Buka kembali Store, dan hasilnya harga aplikasi kini telah ditampilkan dalam Rupiah atau IDR.

image

Tahap berikutnya adalah mendaftarkan Credit Card yang akan digunakan kedalam Microsoft Account. Caranya, didalam tampilan Store, tampilkan Charms Bar disebelah kanan, pilih Settings > Your account.

image

Halaman Your Account akan ditampilkan. Pastikan kita telah login dengan menggunakan Live-ID yang sesuai, lalu klik tombol Add payment method.

image

Pada halaman Payment and billing, isikan data-data Credit Card yang akan kita gunakan dan klik tombol Submit jika sudah.

image

Account Credit Card kemudian akan diproses. Kemudian otorisasi dilakukan Microsoft dengan menarik dana yang jumlahnya sangat kecil (Temporary Charge) pada account Credit Card kita. Jika proses otorisasi ini berhasil maka Internet Browser akan terbuka, meminta login dengan Live-ID yang sesuai dan menampilkan Account Credit Card yang sudah kita daftarkan tersebut pada halaman Microsoft account.

image

Pada tahapan ini, biasanya pihak Bank penerbit akan langsung melakukan verifikasi dan konfirmasi kepada kita mengenai adanya sejumlah kecil dana yang ditarik dari account Credit Card kita, hal ini tentunya sebagai tindakan keamanan yang dilakukan pihak Bank terhadap nasabahnya.

Sampai sini, kita sudah berhasil mendaftarkan  account Credit Card kita dan tentunya kita sudah bisa berbelanja aplikasi di Store. Caranya sebagai berikut.

Pilihlah aplikasi yang akan kita beli, lalu klik tombol Buy.

image

Pada tampilan berikutnya, klik tombol Confirm.

image

Store akan meminta kita untuk mengisikan password Live-ID kita. Hal ini tentunya untuk meningkatkan keamanan dalam pembelian aplikasi ini. Isikan password yang sesuai lalu klik tombol OK.

image

Tunggu beberapa saat dan aplikasi kemudian akan didownload secara otomatis.

image

Setelah proses pembelian dan download selesai. Sebuah email akan dikirimkan berisikan Receipt atau konfirmasi pembelian aplikasi yang telah kita lakukan.

image

Dan di halaman Microsoft Account, kita juga bisa melihat daftar aplikasi apa saja yang telah kita beli.

image

Nah, demikian tulisan singkat ini yang sengaja saya susun untuk menghargai para developer yang sudah bersusah payah dalam membuat aplikasi-aplikasi di Store. Mudah-mudahan ada gunanya buat siapa saja yang kebetulan nyasar ke weblog ini :)

Beberapa Tips dan Catatan:

  • Sebagian besar pengguna yang sudah menggunakan Windows 8 masih merasa takut atau ragu-ragu untuk membeli aplikasi dari Store. Hal ini rasanya wajar dengan mengingat pemberitaan seputar Credit Card Fraud yang tidak henti-hentinya. Namun, jika pembelian aplikasi ini kita lakukan dengan benar, sebetulnya tidak ada yang perlu ditakutkan karena semua aktifitas pembayaran jelas ada reportnya dan senantiasa bisa kita pantau setiap saat, apalagi sebagian besar pihak Bank penerbit pun senantiasa melakukan verifikasi dan konfirmasi setiap kali ada penggunaan online pada Credit Card yang kita gunakan.
  • Saat hendak membeli aplikasi, simak baik-baik deskripsinya, dan simak juga review dari pengguna lain agar kita tidak kecewa. Perhatikan juga dengan seksama berapa harganya.
  • Beberapa aplikasi memberikan fasilitas Trial sebelum kita membeli aplikasi tersebut. Gunakanlah fasilitas Trial ini agar kita bisa mencoba aplikasi sebelum benar-benar membelinya, tentunya agar tidak kecewa, apalagi jika aplikasi yang akan kita beli harganya relatif mahal.
  • Jangan lupa untuk senantiasa memeriksa dan memantau report di halaman Microsoft Account kemudian melakukan kroscek dengan rincian tagihan (bill) bulanan yang dikirim Bank penerbit Credit Card untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan account Credit Card kita.
  • Dan yang terakhir, gunakanlah secara bijak Credit Card yang kita miliki alias jangan sampai kebablasan membeli beragam aplikasi padahal aplikasi-aplikasi tersebut tidak benar-benar digunakan oleh kita :)

Be the first to comment

Leave a Reply