Pelatihan Windows Server bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang

Minggu terakhir Februari 2017, ketika beberapa daerah sedang sibuk dengan kegiatan selepas Pilkada, saya malah mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan materi training / pelatihan tentang Windows Server dengan peserta dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang. Pelatihan ini berlangsung selama 5 hari, tepatnya dari tanggal 20 – 24 Februari 2017 yang bertempat di Native Enterprise Training Center.

Sesuai request dari peserta, versi yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Windows Server 2012. Cakupan materi yang dibahas secara garis besar meliputi pengenalan dan konsep dasar Windows Server; pengenalan infrastruktur Active Directory Domain Services (ADDS); proses instalasi Windows Server; pengenalan Roles, Features, dan Services pada Windows Server; pembuatan dan pengaturan User, Groups, dan Organizational Unit (OU); konsep Security dan Permission pada Windows Server; implementasi Group Policy; hingga pengenalan teknologi Virtualisasi pada Windows Server yaitu Hyper-V.

Mudah-mudahan apa yang sudah dibahas dan didiskusikan selama 5 hari pelaksanaan pelatihan ini bisa bermanfaat, terutama untuk membantu aktifitas pekerjaan rekan-rekan dari Disdukcapil Kota Tanggerang, yang berhubungan dengan tata kelola Windows Server dan infrastrukturnya.

 

Leave a Reply