Pengalaman Baru Membaca Ebook dengan MartView

Setiap pengguna komputer aktif tentunya mengenal apa itu ebook yang mungkin hampir sebagian besar menggunakan format file PDF. Pada perangkat PC / laptop, ebook pada umumnya dibuka dengan menggunakan software khusus pembaca PDF seperti misalnya Acrobat Reader atau Foxit PDF Reader. Nah, jika kita merasa bosan dengan tampilan software-software pembaca PDF tersebut yang tampilannya mungkin terkesan statis, maka silakan mencoba software pembaca PDF yang bernama MartView.

Software yang saya temukan secara tidak sengaja saat browsing ini akan memberikan sebuah pengalaman baru saat membaca koleksi file-file PDF kita. Jika dibandingkan dengan software pembaca PDF yang lain, fitur-fitur yang terdapat pada MartView justru relatif sangat sedikit namun justru dibutuhkan saat membaca. Berikut ini beberapa diantara fitur-fitur tersebut yang menurut saya dapat membuat pengalaman baru saat membaca file-file PDF di PC / laptop kita.

User Interface (UI) yang Menarik

MartView akan menampilkan PDF secara full screen dengan tampilan user interface yang sangat menarik. Menu-menu perintah serta kotak dialog juga ditampilkan dengan rapih. Selain itu, menu serta beberapa tombol perintah berada dalam mode autohide hingga tampilan baca menjadi lebih luas lagi karena tidak dipenuhi oleh komponen-komponen yang tidak dibutuhkan.

01

Tampilan Side-by-Side

Software-software pembaca PDF umumnya menampilkan halaman dalam satu sisi saja (single-side). Sementara MartView dapat menampilkan halaman dalam dua sisi sekaligus (dual-side). Mode tampilan seperti ini sangat nyaman digunakan terutama jika kita membaca sebuah majalah atau menggunakan layar monitor wide-screen.

02

Animasi yang Menarik

Setiap berpindah halaman, kita akan mendapatkan animasi flipping atau animasi membuka halaman seperti halnya kita sedang membaca buku biasa :)

03

Tampilan Halaman Thumbnail

Mode tampilan thumbnail juga disediakan, yang mungkin bisa membantu kita untuk mencari halaman tertentu secara lebih cepat.

04

Kemudahan Navigasi

Software MartView juga memiliki fitur navigasi yang sangat jelas dan mudah digunakan. Kita dapat berpindah antar halaman dengan tombol kursor; dengan tombol scroller mouse; atau dengan meng-klik tombol panah di sisi kiri dan kanan bidang tampilan baca. Untuk berpindah secara cepat ke halaman tertentu, selain menggunakan mode thumbnail, kita juga dapat menggunakan sebuah slider yang terletak dibagian bawah atau menggunakan perintah Go To.

06

Library atau Pustaka Buku

File-file PDF kita dapat disusun dalam sebuah library khusus dengan user interface yang menarik serta terorganisir dengan jelas, yang tentunya bisa membantu kita untuk membuka file tertentu secara cepat.

05

Ebook Gratis

Di situsnya, MartView juga menyediakan ratusan ebook menarik yang bisa kita download secara gratis. Kategorinya juga beragam, mulai dari buku-buku Komputer hingga komik Naruto!

07

Dan tentunya masih banyak lagi fitur-fitur menarik lainnya yang terdapat pada software ini yang tidak mungkin untuk disebutkan semuanya di tulisan ini. Jika Anda tertarik untuk mencobanya sendiri, silakan download di situs resminya pada link berikut ini: http://www.martview.com/

Ukuran file instalasinya sekitar 23 MB, dan jangan khawatir, sifatnya adalah Free alias Gratis..!!

Catatan:

  • Software MartView yang saya coba pada tulisan ini adalah versi 2.52 yang dijalankan pada Laptop Intel i3, RAM 8 GB serta OS Windows 7 Enterprise Edition x64.
  • Format file yang didukung oleh MartView bukan hanya PDF, tapi juga beberapa format file digital lainnya, termasuk format MART yang dikembangkan oleh pembuat MartView sendiri. Daftar format yang didukung selengkapnya adalah: .MART, .PDF, .ZIP, .RAR, .CBZ, .CBR, dan .EPUB.
  • Dibalik kenyamanan membaca serta keindahan UI-nya, software MartView membutuhkan resources komputer yang lumayan tinggi, oleh karena itu jika hendak mencba software ini, pastikan PC / laptop yang digunakan memiliki spesifikasi hardware yang cukup tangguh.
  • Software MartView juga tersedia untuk platform iPad.

Demikian dan mudah-mudahan tulisan ini ada gunanya :)

 

Comments 1

Leave a Reply