Review Singkat SmartWatch Martian Notifier

Berawal dari browsing2 gak jelas ke beberapa situs belanja online yg menawarkan banyak promo akhir tahun dan discount habis2an, hingga akhirnya malah jadi beli perangkat jam tangan pintar atau SmartWatch dari Martian, salah satu vendor pembuat SmartWatch yg bahkan saya belum pernah mendengarnya sama sekali :P

SmartWatch yg saya coba ini nama panjangnya adalah Martian Notifier. Kata Notifier disini menjelaskan bahwa SmartWatch ini memang hanya berfungsi untuk menampilkan notifikasi saja, yaps… hanya notifikasi dan tidak ada fungsi atau fitur lainnya lagi.

martian-01

Yg membuat saya tertarik dengan jam tangan pintar ini adalah notifikasi yg ditampilkannya berupa rangkaian teks yg bergerak secara horisontal, mirip dengan tampilan News Ticker di televisi, selain itu juga karena bentuk fisik jam yg bundar dan tentunya harganya yg relatif murah dibandingkan SmartWatch lainnya, apalagi ditambah dengan discount akhir tahun :D

Seperti halnya SmartWatch lainnya, Martian Notifier juga terhubung dengan handphone melalui koneksi Bluetooth. Proses pairingnya relatif mudah dan cepat karena dibantu dengan app khusus dari Martian yg harus di-install sebelumnya di handphone. App ini juga digunakan untuk mengatur notifikasi apa saja yg ingin kita tampilkan di jam.

martian-02

Setelah digunakan selama beberapa hari ini, jam tangan pintar yg fisiknya dibuat dari bahan plastik silikon ini memang terasa membantu. Saat sedang berkendara, sedang meeting, ataupun saat sedang mengajar, dengan mudah saya bisa melihat beragam notifikasi cukup dgn melihat jam saja, mulai dari panggilan masuk, Email, WhatsApp, BBM, dlsb. Jika memang ada yg dirasa penting, barulah saya mengambil handphone. Dengan kata lain, saya menggunakan handphone jika memang diperlukan saja :)

Kekurangan dari Martian Notifier ini adalah batrenya yg hanya bertahan 1 – 3 hari saja, tergantung dari banyaknya notifikasi yg masuk. Namun sisi menariknya adalah jam tangan ini menggunakan 2 batre. Satu batre untuk jam analognya yg menggunakan batre jam biasa dan baru akan habis setelah 1 hingga 2 tahun, kemudian satu batre lagi untuk fitur notifikasinya. Jadi jika saya lupa mengisi batre untuk fitur notifikasi ini, maka saya tetap bisa menggunakan jam tangan pintar ini karena masih berfungsi sebagai jam biasa :)

martian-03

Untuk pengisian batre tersebut Martian menggunakan kabel USB dan konektor Micro-USB standar. Namun dalam paket penjualannya tidak disertakan adaptor atau charger tersendiri, mungkin tujuannya untuk menekan harga penjualan. Jadi untuk keperluan isi batre ini, kita dapat menghubungkan kabel ke port USB di laptop, atau gunakan saja charger handphone apapun asalkan ada konektor Micro-USB-nya.

Kesimpulan

Martian Notifier ini cocok jika Anda hanya membutuhkan notifikasi saja, namun jika Anda menginginkan fitur atau fasilitas SmartWatch yg lengkap seperti misalnya untuk memutar musik, melakukan panggilan, dlsb, maka jam tangan pintar ini jelas bukan untuk Anda :)

Catatan

Martian Notifier ini tersedia dalam 3 warna dan bisa digunakan dengan perangkat Android ataupun iOS. Untuk melihat fitur maupun spesifikasi lengkapnya Anda bisa berkunjung ke websitenya di: http://martianwatches.com/notifier/.

Comments 3

  • @mas yunar: iya mas, kalau untuk notifikasi memang pasti ngabisin batre, baik batre jam-nya maupun batre hp, terutama karena bluetoothnya itu.

    dan dibanding dgn smartwatch lainnya, martian ini cukup bagus daya tahan batrenya, mungkin karena dia tidak terlalu banyak menggunakan display. tapi di sisi hp-nya tetap bakal boros karena koneksinya tetap menggunakan bluetooth :)

  • Thanks reviewnya tentang SmartWatch Martian Notifier. Saya sedang mencari notifier yang memiliki daya tahan batere yang cukup lama misalnya minimal 1 minggu. Saat ini saya menggunakan miband yang saya gunakan mostly untuk alarm saja. Sebenarnya bisa digunakan untuk banyak hal seperti notifikasi jika ada yang telp ke HP, SMS atau messaging lainnya. Tetapi tidak saya pakai karena saya tidak ingin mengaktifkan Bluetooth di HP karena khawatir batere HP akan lebih cepat habis. Saat pertama kali beli digunakan untuk mengukur langkah dalam 1 hari yang dipatok sekitar 4000 langkah per hari sesuai anjuran WHO. Lama-lama saya sudah tidak perhatikan langkah dalam sehari lagi.
    O ya baterenya bisa bertahan sampai 30 hari, ini yang paling saya suka.

  • […] SmartWatch kedua saya setelah Martian Notifier. Dan sejauh ini cukup puas karena bisa membantu aktifitas saya sehari-hari saat hendak melihat […]

Leave a Reply