Solusi untuk Masalah “Green/Yellow Tint” pada Display Samsung Galaxy Note 9


Sudah hampir 2 tahun saya menggunakan smartphone Samsung Galaxy Note 9, dan belum terpikirkan sama sekali untuk ganti karena entah kenapa saya suka sekali dengan bentuk fisiknya. Bahkan dibandingkan dengan Galaxy Note 10, atau yang baru saja dirilis yaitu Note 20, saya tetap memilih Note 9 ini, sekali lagi karena fisiknya yang menurut saya terkesan gahar, apalagi spesifikasi dari Note 9 ini juga masih sangat bagus hingga jelas masih sangat layak untuk digunakan dalam aktifitas sehari-hari tanpa adanya masalah performance sama sekali.

Sayangnya sekitar bulan April kemarin, setelah saya melakukan update ke patch Maret 2020, Note 9 ini mulai menunjukan gejala aneh, yaitu layar atau displaynya suka berubah warna. Kadang warnanya kehijauan dan kadang kekuningan. Namun jika saya biarkan, gejala ini kemudian hilang lagi.

Setelah membaca beberapa website dan forum, ternyata bukan saya saja yang mengalami masalah ini karena ada beberapa pengguna lain yang ternyata punya masalah yang sama. Masalah ini juga “katanya” merupakan masalah software yang diakibatkan patch Maret tersebut. Akhirnya saya tunggu saja patch berikutnya sambil berharap ada perbaikan untuk masalah ini.

Namun setelah beberapa update berikutnya, masalah ini ternyata tidak selesai, yang ada malah tambah parah. Yang awalnya hanya muncul sesekali, akhirnya malah jadi permanen. Hingga display Note 9 saya warnanya berubah total menjadi kehijauan dan kadang kekuningan tanpa pernah kembali ke warna aslinya lagi. Dari sisi fungsionalitas sebetulnya tidak ada masalah sama sekali, namun keindahan layar Super Amoled dari Smartphone ini jelas hilang gara-gara gangguan warna kuning dan hijau ini. Dan jika dilihat di Internet, ternyata makin banyak juga pengguna lain di seluruh dunia yang mengalami masalah ini.

Akhirnya saya pikir masalahnya bukan di sisi software namun di sisi hardware alias displaynya yang memang bermasalah. Solusinya yang paling mudah ya ganti smartphone baru, namun masalahnya saya masih teramat suka dengan bentuk fisik Note 9 ini dan rasanya masih sangat enggan untuk pindah ke tipe lainnya. Solusi lainnya ya ganti displaynya. Namun karena garansinya jelas sudah habis, jadi saya harus membeli sendiri display tersebut dengan harga sekitar 4 juta rupiah, harga yang cukup tinggi untuk mengganti display saja karena dengan uang segitu sebetulnya bisa mendapatkan smartphone baru dari merk dan tipe lainnya.

Untungnya di salah satu Facebook Group Note 9 yang saya ikuti, ada salah satu pengguna yang memberikan solusi lainnya, yaitu melaporkan masalah ini ke pihak Samsung dan Samsung akan mengganti display secara free alias gratis !!! Berikut ini caranya:

Buka website Pusat Dukungan Samsung Indonesia di alamat ini: http://samsung.com/id/support/service-center/ lalu login dengan user Samsung kita.

Scroll hingga ke bagian bawah, lalu klik pada link Email to CEO’s Office.

Berikutnya akan ditampilkan form isian untuk masalah yang kita alami. Isi dengan selengkap-lengkapnya, dan pastikan jangan sampai ada kesalahan isi terutama untuk nomor telepon dan alamat email karena pihak Samsung akan menghubungi kita lewat telepon dan email ini.

Kemudian isi Subjek dan uraian masalahnya di kolom Isi. Dan jangan lupa, sertakan beberapa foto yang memperlihatkan kondisi display Note 9 kita yang bermasalah (dalam kondisi layar kehijauan / kekuningan). Saya sendiri hanya melampirkan 2 foto saja. Jika sudah tinggal klik Kirim.

Beberapa saat kemudian, akan ada email balasan dari Samsung Customer Support Center. Contoh email yang saya terima seperti berikut ini.

Besoknya sekitar jam 10 pagi, pihak Samsung menghubungi saya lewat telepon, menanyakan kendala atau masalahnya apa, mulai kapan terjadi, apakah perangkat pernah jatuh, dlsb. Kemudian pihak Samsung juga menanyakan kapan kira-kira saya bisa membawa Note 9 saya ke SSC (Samsung Service Center) untuk dilakukan pemeriksaan perangkatnya dengan lebih detail lagi sekaligus menanyakan juga SSC mana yang akan saya datangi. Karena saya tinggal di Bandung dan saya hanya tau SSC yang ada di BEC Mall, maka saya minta ke SSC tersebut.

Beberapa saat kemudian, masuk email lagi sebagai hasil follow-up telepon sebelumnya. Pada email ini juga sudah dituliskan SSC tujuan saya. Isi emailnya seperti berikut ini.

Tidak menunggu lama, siang harinya saya langsung meluncur ke SSC di BEC Mall, Bandung. Sampai disana ternyata nama saya memang sudah terdaftar. Saya diterima dengan baik dan dijelaskan bahwa perangkatnya harus diperiksa dulu. Karena saya ada aktifitas lain, akhirnya saya tinggal saja dan minta dihubungi jika ada informasi berikutnya.

Sekitar 1 jam kemudian, saya mendapat pesan WA dari pihak SSC bahwa terkait masalah pada display Note 9 saya, maka displaynya akan diganti dengan display yang baru tanpa biaya apapun alias Gratis !! Hanya saja karena stoknya tidak ada mereka minta waktu 1 hingga 2 hari dan akan dihubungi kembali jika sudah selesai.

Berikut ini screenshot chat saya dengan pihak SSC.

Satu hari kemudian, akhirnya display Note 9 saya kembali normal lagi. Bahkan serasa punya perangkat baru lagi karena displaynya memang diganti dengan display baru oleh pihak Samsung. Dan semua ini tanpa biaya apapun alias Gratis walaupun garansinya sudah lama habis masa berlakunya :)

So, saya ucapkan terima kasih buat Samsung Indonesia atas supportnya yang luar biasa. Terima kasih juga SSC di BEC Mall Bandung, dan tentunya terima kasih juga buat rekan-rekan di Facebook Group Note 9 atas sharing infonya :)

Catatan:

  • Pihak Samsung memberikan tambahan garansi 3 bulan untuk penggantian display baru ini.
  • Buat jaga-jaga saja, sebaiknya backup dulu data-data pada perangkat sebelum datang ke SSC.
  • Pihak Samsung akan menolak penggantian display ini jika ada cacat berupa dent pada fisik perangkat.

Demikian tulisan singkat ini dan mudah-mudahan ada gunanya buat siapapun yang sudah nyasar ke weblog ini :)

Be the first to comment

Leave a Reply