Techno TD-201: Ponsel Dual-on GSM-CDMA


Tertarik dengan semakin gencarnya iklan ponsel buatan Cina, saya mencoba untuk membeli sebuah ponsel Cina dual system (GSM-CDMA) yang dapat memuat kartu Esia dan Matrix saya. Pilihan jatuh ke sebuah merk yang sangat asing yaitu Techno dengan tipe TD-201.

Saya tidak mendapatkan review apapun di Internet tentang merk ini, demikian juga pada beberapa majalah / tabloid ponsel tidak ada keterangan tentang merk ini, bahkan di toko-toko ponsel pun saya tidak berhasil untuk mendapatkan dummy-nya. Satu-satunya petunjuk untuk mengetahui lebih jauh tentang ponsel ini hanya dengan membaca keterangan yang terdapat dalam kemasannya yang tersegel rapat.

Sebetulnya ada 2 merk lain yang memiliki fitur sama, yaitu Vitell dan Kanselir. Vitell adalah ponsel yang termurah, harganya 1.350.000 IDR, sayangnya di Bandung saya tidak berhasil mendapatkannya.

Sementara merk Kanselir sedang gencar-gencarnya melakukan promo, saya bahkan sempat mencoba ponsel ini di sebuah stand pameran, sayangnya harganya terlalu tinggi. Akhirnya dengan kondisi dus yang masih tersegel rapat, saya pun membeli ponsel Techno TD-201 ini.

techno-td201_003

Setelah sekitar 1 bulan lamanya menggunakan ponsel yang hampir mirip dengan Nokia N73 ini, secara garis besar saya tidak menemukan masalah yang berarti. Ponsel ini relatif mudah dan nyaman untuk digunakan, baik untuk menelepon maupun untuk SMS. Komunikasi via GSM ataupun CDMA juga tidak ada masalah karena setiap panggilan ataupun SMS dibedakan menggunakan icon tertentu yang cukup jelas. Demikian juga dengan tombol pada keypadnya. Tombol dengan huruf G besar untuk melakukan panggilan via GSM dan tombol dengan huruf C besar untuk melakukan panggilan via CDMA.

techno-td201_008

techno-td201_009

techno-td201_010

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari ponsel Techno TD-201 ini:

  • Layar Touch Screen (Stylus included), berguna untuk nulis SMS ataupun edit Contact-List secara cepat.
  • Display cukup terang, walaupun dalam kondisi diluar ruangan.
  • Fungsi Organizer cukup bagus, apalagi dengan bantuan Stylus entri datanya bisa lebih nyaman.
  • Struktur menu utama jelas dan mudah digunakan.
  • Struktur penempatan tombol-tombol fungsi pada keypad jelas.
  • Ada fitur BlueTooth yang aktif secara bersamaan, baik untuk system GSM maupun system CDMA, jadi saya hanya perlu membawa 1 BlueTooth earphone saja untuk kartu Matrix sekaligus kartu Esia saya.
  • Fitur multimedia lumayan cukup lengkap, ada built-in Camera ; Video Recorder ; MP3/MP4 player ; Video Player serta Voice Recorder.
  • Suara yang dihasilkan speakernya saat memutar lagu MP3 cukup keras terdengar, speakernya sendiri terbagi 2, di bagian atas serta dibagian bawah ponsel. Stereo ? Entahlah.
  • Ada slot untuk MicroSD yang support hingga 1 GB.
  • Charger compatible dengan chargernya Samsung.
  • Bisa charge batre lewat komputer, yaitu dengan menggunakan kabel USB bawaannya.
  • … etc.

Sedangkan kekurangan dari ponsel Techno TD-201 ini adalah sebagai berikut:

  • Operating system yang digunakan tidak jelas, jadi saya tidak dapat menambahkan aplikasi / game kedalam ponsel ini.
  • Tidak ada Delivery Report untuk SMS.
  • Jarak spasi antar baris saat menulis SMS terlalu lebar.
  • Tidak dapat menambah / merubah Folder juga Sub-Folder, baik pada memori utama maupun pada memori eksternal. Jadi setiap folder telah memiliki nama tersendiri, misalnya Audio, Video, dlsb. Jeleknya lagi, isi tiap folder tersebut juga harus sesuai, misalnya file MP3 harus saya masukan kedalam folder Music, jika file MP3 tersebut saya masukan kedalam folder Video maka file tidak akan tampil. Tidak adanya Sub-Folder juga menyulitkan saya untuk meng-organisir file-file tertentu, bayangkan ratusan file MP3 yang terletak dalam single folder saja !
  • Tidak ada fasilitas Cut-Copy-Paste.
  • Tidak ada fungsi Playlist dan Equalizer pada multimedia playernya.
  • Karet pelindung konektor untuk charger terlalu tebal, jadinya malah menghalangi saat ponsel hendak dicharge, solusinya saat di-charge mesti ditekan agak kuat.
  • Desain pengunci casing belakang kurang bagus, mudah longgar jika casing sering dibuka tutup.
  • Tidak ada buku manual / guide, hanya ada beberapa lembar kertas sebagai panduan singkat saja.
  • Tidak ada CD / Driver penunjang.
  • … etc.

Berikut ini spesifikasi dasar dari ponsel Techno TD-201 yang saya cuplik dari label pada kemasannya.

  • Dual Standby System (CDMA 2000 1x 800/1900 MHz – GSM 900/1800 MHz)
  • LCD TFT (176 x 220 pixel)
  • 2.2 Inch Touch Screen
  • 2.0 Megapixel Camera
  • GPRS & Bluetooth (2 Bluetooth on at the same time)
  • MP4 & MP3 Player
  • 64 Polyphonic
  • Video Player & Recording
  • Support Firewall (Block Number)
  • Internal Memory 128 MB
  • External Memory Slot (MicroSD support up to 1 GB)
  • Speaker Phone

47 Comments

  1. kl mslh internet u pd hrs mke kartu prdana m3 u daftar dl gprs mke tive w880i.coz u atur di pngaturan wap.u minta sm kontr pengaturan wap dy smu’y pd pny bku’y…?tlng kl yg uda prna kena kalibrasi sm mau bli kesing’y hub.02194208260.tks

  2. wah..baru mo sharing, hapenya dah dijual ya, hehe
    dimana ya klo mo servis di jakarta, soalnya TD 201 saya gak bisa dicharge, kyaknya..connecting charge nya error dehh

  3. waw… kelamaan gak maintain blog ini, mungkin udah 1 tahun lebih… baru nyadar komennya bisa sepanjang gini.. :))

    btw, to all.. sorry hape itu sudah dijual dari taun kemaren, bukan karena jelek, tapi karena pengen yg ukurannya lebih kecil… jadi udah pada lupa lagi sama berbagai setingannya juga.. :D

    so far dan imho, hape ini masih hape produk cina yg. bagus..

  4. Bro,
    titiknya tunjuk aja pake stylusnya or pake apa kek,tusuk gigi kek/lidi kek YANG PENTING TITIKNYA DITEKAN gitu loh

    Selamat memakai Techno-nya kembali

  5. brooo
    ane jga punya masalah yang sama dengan bung don dan bung ipal…
    technoku cuma ada tulisan tengah titik panah 1
    masalahnya ane beli tuh hape second n tanpa ada stylusnya
    jadi kalo gada stylusnya gimana dong bozz?
    ada jalan keluarnya gak yah?

  6. u/ ipal..cara ngilangin tulisan itu dengan menekan titik tersebut dengan stylus-nya aja, good luck…..
    btw access internet-nya ada yg udah tau blom nih??…

  7. sama yang diatas, hp techno saya juga muncul tulisan kalibrasi gagal, tengah titik panah 1, belum ada solusinya yach..??

  8. Saya iseng menggunakan menu reset, ketika proses tertulis hapus semua file lalu saya cepat2 memberhentikan proses dgn cara membuka batery, namun apa yang terjadi setelah saya hidupkan kembali ternyata tidak bisa. Hanya kalibrasi yang gagal. Ada yang bisa bantu nggak ya spy bisa di pakai lagi.

  9. aku ud 2 bulan ni make techno, napa aku milih make ini karena aku kecapean sendiri bawa 2 hp, ni bener2 praktis..yang minesnya sih menurut aku hanya kualitas foto yg buram ma ga bisa internetan..

  10. wach gue punya handset ini dari bulan august 2008, kebetulan saat ini sdng hang, dan vendor sevrice centre yang di ambasador dan roxy sdh tutup.gue sdh cari OSnya sampai sekarang ngak ketemu….ada yang tahu ngak?

  11. Gue baru kemarin beli ini HP, harganya dah turun lumayan. kemarin gw bli ini HP seharga 800rb aja. emang gw sengaja bli ini dengan tujuan yang sama kaya bang ali, so gak ngarep banyak sama fitur2nya. apa lagi gw yang biasa make N73, pas make ini HP agak2 ngedrop masalah “connecting people” nya. Tapi untuk kemudahan dualnya memuaskan laahh walau agak sedikit adaptasi dan baca2. Overall gak kecewa tapi kurang puas juga untung diobatin sama harga yang murah meriah mencret hehehehehe…. Untuk aplikasinya gak ada yang dapet ya untuk connect ke koputer??? soalnya kata si buku kalo mo connect ke komputer aplikasinya musti terpasang dulu… llooohhh….~^%#$@^&.. gubrak.

  12. saya baru pegang hp techno td 201 sebulan nih ,tapi saya masih bingung buat main internet and buat chating !gmn nich ada yg tau ga ….??
    klo ada yg tau ,kasih tau donk ….!!^_^

  13. Saya sudah 3 bulan memakai techno TD 201, sampai saat ini belum ada masalah. Untuk fitur lumayanlah… untuk harga dibawah 1.5 Jt. Emang Kalo untuk kwalitas image kurang menggembirakan. Pada waktu beli saya gak mempertimbangkan kwalitas gambar. Saya hanya butuh HP yang Dual Mode GSM+CDMA, maklum selama ini selalu bawa dua HP (persis kaya bandar pulsa). Buat rekan2 yang butuh perbaikan, Service Centre di Cempaka Mas Counter khusus Techno.

  14. bagaimana jika hp techno ini mengalami kendala saat mengaktifkan m-banking, pada saat mentransfer sejumlah dana dan memasukan PIN untuk yang kedua kalinya selalu gagal. Tetapi saat mengecek saldo rekening dapat dilakukan. ada yang dapat memberikan solusi atas permasalahan saya???

    ada yang tau, pusat pelayanan hp merk techno ini??

  15. @Lucky:
    untuk transfer data ke laptop via bluetooth tinggal pairing aja, sama sekali gak butuh driver apapun..

    untuk capture video, tinggal masuk ke menu camera, pilih option, trus pilih video mode.. ntar hasilnya dalam format MP4..

  16. @aguspy:
    fasilitas internet di hape ini sama sekali belum pernah saya coba, soalnya bingung ngeliat setingnya, jadi agak2 males ngopreknya..

    tentang java, hape ini gak support java..

  17. Saya bru beli HP TD-201…murah dan banyak fasilitasnya yg saya butuhkan. Kualitas foto memang lumayan, namun harus memperhatikan pencahayaan. Internet ngak bisa juga di pakai dan driver bluetooth saya untuk transfer data ke laptop ngak ada ? ada yg bisa kirim drivernya ? lalu saya belum bisa menggunakan rekaman video ! ada yg bisa bantu ?
    TQ

  18. Delivery report nya cuman bisa buat GSM. Buat CDMA nya gak ada setting-annya

    Menu – Message – Options – Settings – GSM Settings – Sms Settings – Delivery Report – On

    Good Luck

  19. Hai… saya baru aja membeli ponsel ini. Dan memang klo dibandingkan dengan yg dual On, sepertinya ini yang paling murah ya???

    Saya bisa kok setting delivery report untuk sms nya. Yang belum bisa saya manfaatkan fungsi internet nya.

    Ada lagi, dibagian depan kiri atas, ada seperti second camera. Saya kira ponsel ini bisa 3G (video call), ternyata itu camera bo’ongan.

    Klo ada yang dah bisa pake internetnya, tolong diinfo donk.
    Thanks

  20. Walaupun 2 MP, tapi kualitas fotonya biasa2 aja, jauh lah sama Nokia atau Ericsson.. hehehe.. :D
    Software bawaan ya gak ada, demikian juga dgn. drivernya, aplikasi tambahan juga gak ada karena memang gak bisa diinstall aplikasi tambahan.. :-(
    HP lain yg. setara seperti yg. disebutkan di posting, ada Vitell dan Kanselir, fitur2nya sama persis, saat ini tampaknya yg. paling murah harganya ya Techno ini..

  21. sejak 3 bulan lalu aku sudah ‘kesem-sem’ dengan hp ini karena perbandingan antara harga dan fitur yang ada. hanya saja kurang yakin soal kehandalannya.
    kualitas foto gmn? compatible dengan apa aja lagi ya?(charger dgn samsung, bluetooth dgn nokia)apa ga ada software bawaan dan aplikasi tambahannya?

    sampe sekarang saya masih ragu tuk beli. mengingat blm ada saya lihat orang pake.
    Hp lain yang setara dengan ini apa aja ya?

  22. Salam. Sy juga baru beli Techno TD-201, sampai sekarang belum bisa koneksi ke internet, bisa bantu??

    Tapi untuk fungsi bluetooth ke handsfree sudah bisa jalan sy pakai yang Nokia N95

Leave a Reply