Tentang WordPress 2.1

Lama gak browsing, saya baru tau kalo wordpress ternyata udah sampai versi 2.1. Lumayan penasaran juga untuk mencoba versi baru tsb., karena “katanya” banyak peningkatan yg. berguna pada versi 2.1 ini, dan kebetulan juga karena selama ini saya masih menggunakan versi 2.0.3. Namun, kayanya malas juga kalo saya harus upgrade, persoalannya adalah berabe dan lama. Prosedur standar yg. harus ditempuh adalah backup dulu databasenya, non-aktifkan semua plugin, upload file2 wordpress baru, jalankan script upgrade, aktifkan lagi semua plugin dan lakukan bbrp.penyesuaian. Belum lagi kalo ada masalah plugin yg. menolak jalan, dan masalah2 lainnya lagi.. apalagi saya hanya mengandalkan koneksi dial-up saja..

Nah, biar prosesnya singkat, akhirnya saya putuskan untuk fresh-install aja. Kebetulan saya punya space hosting nganggur yg. belum dipake di freehostia berikut domain dari masterweb yg. nganggur juga.

Proses instalasi wordpress 2.1 ini masih tetap menggunakan proses “Famous 5-Minute Install” yg. menjadi salah satu kelebihan dari wordpress. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buat database mysql baru
  • Download wordpress 2.1
  • Ekstrak file hasil download ke folder kosong
  • Rename file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php
  • Edit file tersebut untuk menyesuaikan seting koneksi database yg. telah dibuat sebelumnya
  • Upload
  • Buka alamat http://namadomain/wp-admin/install.php pada browser apapun
  • Tahap selanjutnya adalah wizard yg. sangat singkat dan sederhana, hingga akhirnya install script akan menampilkan halaman login

Setelah wordpress 2.1 terinstall, saya malah tidak menemukan hal apapun yg. baru, selain dari desain tampilan loginnya yg. sekarang tampak lebih menarik.. doh.. apalagi karena saya memang tidak mengerti tentang script php. Yang saya dapatkan malahan banyak plugin dan widget yg. biasa saya gunakan menolak jalan, termasuk theme freshy yg. menjadi theme favorit saya. Tapi untungnya saya dapatkan versi updatenya agar bisa digunakan di wordpress 2.1, dan malah secara gak sengaja nemu theme freshy-jl yg. merupakan modifikasi dari theme freshy ini agar tampilannya tampak lebih simpel & ramping :)  Hail to jide & jimisola.!!

wp-wall3

Dan akhirnya karena sudah terinstall, err… ya sudahlah saya gunakan aja… daripada dibiarkan nganggur.. :)

Comments 2

  • Yup.. sama.. aku juga baru udah upgrade ke versi 2.1.. Tak ada perubahan signifikan. Cuma memang sudah menundukung penuh ELA (extended live archieve) and export/impornya bekerja lebih sempurna.. tidak seperti dulu lagi.. Trus.. udah bisa autosave waktu posting.. tapi gara2 itu, aku punya daftar banyak draft.. :)
    Eh.. gak ikutan trend Themes-nya Hemingway nih? Soalnya anak2 pengguna WP tergila2 sama themen hemingway (atau variannya).. sepertiku juga.. pake dari UTOMBOX.com.. Keren euy..!!!

  • aneh
    gue upgrade wordpress tinggal timpa semua file di direktori wordpress
    trus jalanin upgrade.php

    :D

Leave a Reply