Tujuh Keuntungan Bergabung dalam Komunitas

Menurut Wikipedia Indonesia, Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti “kesamaan”, kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti “sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak”.

community

Di lingkungan sekitar tentunya kita akan mendapatkan banyak ragam dari komunitas ini. Contoh yang paling sederhana misalnya kumpulan para ibu-ibu yang rutin mengadakan arisan sebulan sekali, kumpulan ibu-ibu ini jelas sudah layak disebut sebuah komunitas. Dan hadirnya Internet tentunya semakin menambah keragaman komunitas ini karena komunikasi antar anggota tidak harus dilakukan secara tatap muka saja namun bisa juga dilakukan melalui media online seperti misalnya lewat sebuah forum diskusi online, mailing list, blog ataupun dengan memanfaatkan layanan jejaring sosial seperti facebook atau twitter.

Lantas apa keuntungannya jika kita bergabung dengan komunitas ini? Berdasarkan tulisan yang saya ambil dari situs blog INETA Asia Pacific, setidaknya ada 7 keuntungan yang bisa kita dapatkan, yaitu:

  • Learning – Kesempatan belajar yang pastinya selalu terbuka luas bagi setiap anggota komunitas.
  • Networking – Adanya kesempatan untuk memperluas jaringan dan koneksi. Dan tentunya peluang untuk mendapatkan teman-teman baru.
  • Sharing Experiences – Pengalaman adalah guru yang paling baik. Dengan bergabung kedalam komunitas akan terdapat banyak kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan anggota yang lain.
  • Job Opportunities – Kesempatan kerja jelas lebih terbuka karena diawali dengan pertemanan yang terjadi didalam komunitas.
  • Meeting Experts – Diantara semua anggota tentunya terdapat beberapa anggota yang memang sudah termasuk kategori ahli. Keahlian dan pengalaman mereka tentunya akan dibagi juga kepada anggota komunitas yang lain.
  • Solutions to Problems – Saling membantu adalah ciri suatu komunitas. Jika kita berhadapan dengan sebuah masalah, maka anggota-anggota yang lain akan bahu membahu untuk membantu memecahkan masalah tersebut.
  • Free Giveaways – Goodies biasanya bertebaran didalam sebuah komunitas yang aktif. Mungkin bisa berupa bagi-bagi kaos, pin ataupun software-software khusus yang hanya dibagikan kepada anggota komunitas saja.

Ketujuh poin tersebut rasanya sudah mewakili apa yang bisa kita dapatkan dari suatu komunitas, namun tentu saja poin-poin tersebut hanya akan berlaku untuk komunitas yang aktif saja dan tentunya jika Anda pun memang aktif didalam komunitas tersebut :)

Demikian dan mudah-mudahan posting singkat ini ada gunanya.

 

Comments 1

Leave a Reply