Versi Final dari Microsoft Security Essentials

Produk antivirus gratis dari Microsoft yaitu Microsoft Security Essentials (MSE) akhirnya mencapai versi finalnya dan sudah dirilis oleh Microsoft di situs resminya yaitu di: http://www.microsoft.com/security_essentials/

Desain dari situs MSE tersebut juga tampaknya telah diperbaharui. Sebelumnya, saat desain situs tersebut belum berubah, link download-nya hanya mengarah ke situs Microsoft Connect namun kini link downloadnya sudah aktif hingga kita dapat langsung mendownload MSE ini pada situs tersebut. Sebagai informasi tambahan, versi MSE final ini adalah 1.0.1611.0, dan versi MSE beta terakhir yang sempat saya install adalah 1.0.1500.0.

mse

Bagi teman-teman yang belum menggunakan MSE bahkan belum menggunakan antivirus apapun di komputernya silakan segera mendownload MSE ini yang ukuran filenya hanya sekitar 4 MB saja. Lalu jalankan instalasi seperti instalasi software di Windows pada umumnya, yaitu cukup klik tombol Next dan Next hingga selesai. Hanya saja pastikan bahwa sistem operasi Windows yang digunakan adalah Windows XP, Vista ataupun Windows 7 yang tentunya dengan status Genuine.

Dan bagi teman-teman yang sudah menggunakan MSE versi beta juga bisa melakukan upgrade ke versi final ini. Cara upgradenya jangan menggunakan pilihan upgrade di menu Help karena MSE akan melaporkan bahwa kita sudah menggunakan versi yang terakhir, namun tetap lakukan download di situs resminya lalu jalankan file hasil download tersebut dan klik pada tombol Upgrade.

MSE kemudian akan meng-upgrade komponen-komponen yang diperlukan pada MSE beta hingga selesai. Setelah upgrade selesai, lakukan pemeriksaan versi MSE ini di menu Help dan klik pada pilihan About Microsoft Security Essentials.

Bagaimana dengan update virus definitionnya ? Jelas sangat mudah, karena update virus definition ini sudah pasti ditangani oleh Windows Update.

Dan jika komputer kita tidak terhubung dengan Internet selamanya, maka kita juga dapat mendownload update virus definition tersebut secara terpisah yaitu lewat situs
http://support.microsoft.com/kb/971606.

Alternatif lainnya untuk mendownload update ini adalah lewat situs Microsoft Malware Protection Center di http://www.microsoft.com/security/portal/. Di situs tersebut tinggal klik menu Get the latest definitions lalu klik pada pilihan Microsoft Security Essentials.

Selain update virus definition, di situs Microsoft Malware Protection Center juga kita dapat mempelajari banyak hal tentang apa itu malware, virus apa saja yang baru ditemukan, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan masalah virus. Dan andai kita mendapatkan virus yang belum terdeteksi oleh MSE, maka kita dapat mengirimkan sampel file yang berisi virus tersebut agar dapat ditelaah lebih lanjut dan dapat ditemukan penangkalnya.

 

Leave a Reply