Virtual Synthesizer di Laptop


KORG Legacy Collection adalah pengolah instrumen musik atau pengolah efek suara. Software seperti ini biasanya berupa plugin yang dikenal dengan sebutan Virtual Studio Technology (VST) dan baru dapat digunakan dengan bantuan software lain sebagai hostnya, misalnya Cakewalk. Namun Korg Legacy Collection ini lebih menyenangkan, karena selain berfungsi sebagai VST plugin, dia juga bisa digunakan tanpa bantuan software lain, alias bisa berdiri sendiri atau stand-alone.

Proses instalasi software ini relatif cepat, dan setelah diinstall, ternyata isinya terdiri dari 4 buah modul, yaitu: Legacy Cell ; MS-20 ; Polysix ; dan WaveStation. Apa kegunaan dari masing-masing modul tersebut ? saya juga belum tau karena belum sempat untuk eksplor lebih jauh :)

Dari segi tampilan, software ini menyajikan interface yang informatif, walaupun banyak tombol yang saya sendiri belum tahu apa fungsinya :) namun sepintas, saat mencoba efek suara yang dihasilkan oleh keempat modul tersebut, hasilnya ternyata sangat luar biasa.

Setelah sempat utak-atik beberapa saat, saya jadi terpikir untuk membuat studio Virtual Synthesizer di Laptop ! tapi ternyata software ini tidak mendukung penekanan tombol keyboard komputer alias hanya bisa dimainkan dengan menggunakan mouse. Solusinya ? saya gunakan software lainnya, yaitu: Bome’s Mouse Keyboard dan MidiYoke.

  • Bome’s Mouse keyboard adalah software yang memungkinkan keyboard komputer kita menjadi sebuah keyboard-midi virtual. Walaupun tergolong sederhana namun fungsinya relatif luas juga, salah satunya adalah kemampuan software ini untuk berkomunikasi dengan software midi lainnya.
  • MidiYoke adalah driver yang mengemulasikan kabel loopback-midi yang biasa ditemukan pada keyboard-midi sesungguhnya. Driver virtual ini digunakan untuk menghubungkan Bome’s Mouse Keyboard dengan software Korg Legacy Collection.

Dengan bantuan kedua software tersebut, akhirnya saya dapat juga menggunakan tombol-tombol pada keyboard komputer menjadi sebuah Virtual Synthesizer :)

korg_legacy_03

Catatan:

Tulisan ini mungkin sudah obsolete atau sudah tidak relevan lagi dan sudah saya update di tulisan berikutnya yang berjudul: Virtual Synthesizer dengan Korg Legacy Collection.

33 Comments

  1. @cahyo: di bome’s mouse keyboard, di menu Midi Out tinggal pilih MidiYoke, trus di Korg legacy-nya, di menu Preferences –> Midi –> Midi In, pilih Midi Yoke…
    tapi itu untuk Windows XP… untuk di Windows lainnya saya belum coba.. :)

  2. These subtle differences are key when creating compilations or scores for TV. Next time you watch a hot show, notice the soundtrack – some use the same beat and nothing else. Others score the show with tons of small variations, ad-libs, hooks, 3 second trailers, transitions etc. all stemming from the same foundational sound kit.

  3. mas saya mau nanya saya punya keyboard casio WK1800, kira2 bisa ga di hubungkan ke software seperti fruity loops, saya sudah membeli midi usb, tapi kog di FLnya sendiri ga ada respon sama sekali, apa ada software tambahannya mas?? trimakasih.

  4. saya sudah install semua n jalan semua…tp kok ga bisa edit ms20 ya?tiap klik knob nya selalu value 0 n ga bisa di ubah-ubah…need help neh…thx

  5. Boss gimana ya cara masang midi yoke. Aku udah instal tapi ko masang-masangnya lum bisa. Tolong atuh gimana cara nya. Tutorialnya dach…hee..hee..

  6. saya download bome’s mouse keyboard, tapi versi trial..
    ada yang versi full ga?
    klo ada mau dunk link nya..

    skalian sm crack nya yach..
    please..

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Virtual Synthesizer dengan Korg Legacy Collection | KIDSERROR
  2. Virtual Synthesizer dengan Korg Legacy Collection

Leave a Reply