VMware Workstation and Device/Credential Guard Are Not Compatible


Saat mencoba menjalankan salah satu VM pada VMware Workstation v15.1, muncul pesan kesalahan “VMware Workstation and Device/Credential Guard Are Not Compatible.
VMware Workstation can be run after disabling Device/Credential Guard.” hingga VM jelas tidak dapat dijalankan.

Entah penyebabnya apa. Yang jelas pesan kesalahan ini terjadi setelah saya melakukan update Windows 10 ke versi 1903. Untungnya solusi untuk mengatasi error ini sudah jelas, saya tinggal menonaktifkan fitur Device/Credential Guard pada Windows 10. Caranya sebagai berikut.

Jalankan Group Policy Editor (gpedit.msc) lalu masuk ke bagian Computer Configuration > Administrative Templates > System > Device Guard.

Klik-ganda pada opsi Turn On Virtualization Based Security hingga kotak dialog berikut ini ditampilkan.

Pilih opsi Disabled lalu klik tombol OK dan tutup jendela Group Policy Editor. Berikutnya tinggal restart Windows dan setelah restart maka VM pada VMware Workstation kini dapat dijalankan kembali :)

Jangan lupa bahwa untuk menjalankan VMware Workstation pada Windows 10 maka fitur Hyper-V harus dinonaktifkan juga. Caranya bisa dilihat pada tulisan saya disini:

Menggunakan Client Hyper-V, VMware Workstation, dan VirtualBox pada Windows 8.1

Atau bisa juga dengan mengatur pilihan Boot pada Windows 10, yaitu Boot dengan Hyper-V aktif atau Boot dengan Hyper-V non-aktif. Caranya bisa dilihat pada tulisan saya disini:

Menggunakan VMware Workstation pada Windows Server 2008 R2

Demikian dan mudah-mudahan tips singkat ini ada gunanya.

Be the first to comment

Leave a Reply