Menggunakan Classic Start Menu pada Windows 7

Pada tips Windows 7 sebelumnya Anda dapat melihat cara menggunakan Classic Taskbar pada Windows 7 dengan cara yang sangat mudah. Dan jika Anda pernah menggunakan Windows 9.x Anda juga mungkin mengenal susunan Start Menu yang sangat berbeda dari susunan Start Menu pada keluarga Windows saat ini. Susunan Start Menu ala Windows 9.x yang lazim disebut dengan Classic Start Menu ini masih dipertahankan hingga Windows XP sebagai salah satu alternatif pilihan bagi pengguna.

Mulai Windows Vista termasuk Windows 7, pilihan untuk menggunakan Classic Start Menu ini dihilangkan oleh Microsoft. Namun jika Anda masih ingin menggunakannya atau sekedar bernostalgia dengan tampilan ala Windows 9.x, Anda dapat mencoba sebuah tools kecil yaitu Classic Shell yg bersifat freeware. Ukuran tools ini hanya sekitar 1,9 MB dan dapat di-download di http://sourceforge.net/projects/classicshell/.

win7-classic-startmenu

Cara menggunakannya sangat mudah:

  • Install tools tersebut seperti biasa, dan setelah selesai Anda akan langsung mendapatkan susunan menu ala Windows 9.x pada Windows 7 Anda.
  • Pada menu Settings –> Classic Start Menu, Anda akan menemukan beberapa opsi pengaturan untuk Classic Start Menu ini.

Demikian dan mudah-mudahan tips singkat ini ada gunanya.

 

Comments 2

Leave a Reply