Menggunakan Classic Taskbar pada Windows 7

Saya termasuk pengguna Windows yang lebih menyukai tampilan Classic Taskbar, yaitu tampilan Taskbar ala Windows 9.x dengan Start Button yang masih berbentuk kotak plus tulisan Start didalamnya. Setiap jendela aplikasi yang terbuka akan ditampilkan secara memanjang berikut nama aplikasinya pada Taskbar tersebut. Selain itu Classic Taskbar ini juga tidak terlalu lebar seperti halnya taskbar default pada Windows 7 sehingga bisa lebih menghemat layar.

Tampilan Classic Taskbar ini juga merupakan tampilan Taskbar default pada sistem operasi kelas server seperti misalnya Windows 2000 Server dan Windows Server 2003. Secara default Windows Server 2008 juga sebetulnya masih menggunakan Classic Taskbar ini, hanya saja sedikit berbeda dengan Classic Taskbar yang biasa kita kenal.

Salah satu keuntungan dari menggunakan Classic Taskbar ini adalah kita bisa melihat jendela aplikasi apa saja yang sedang terbuka tanpa harus menggeser mouse terlebih dahulu ke bidang Taskbar tersebut, Selain itu performance Windows juga akan sedikit meningkat walaupun tentunya tidak signifikan.

win7-classic-taskbar

Pada Windows 7 tentu saja Anda juga masih dapat menggunakan Classic Taskbar ini. Caranya yaitu dengan memilih Themes Classic dan sedikit merubah Properties dari Start Menu. Lengkapnya sebagai berikut.

  • Klik-kanan pada bidang desktop Windows 7 Anda lalu pilih Personalize. Dari daftar Theme yang tampil, di bagian Basic and High Contrast Themes, pilih theme Windows Classic.
  • Berikutnya klik-kanan pada bidang Taskbar yang kosong lalu pilih Properties. Aktifkan fitur Use small icons lalu di bagian Taskbar location on screen pilih Never combine.
  • Dan hasilnya Anda akan mendapatkan tampilan Classic Taskbar berikut tampilan Classic Start Button dengan tulisan Start-nya pada Windows 7 Anda :)

Demikian dan mudah-mudahan tips singkat ini ada gunanya :)

 

Leave a Reply