Windows Live Essentials 2011 (Part 1)

Versi final dari Windows Live Essentials 2011 akhirnya dirilis juga oleh Microsoft. Paket aplikasi gratis yang sarat dengan beragam fungsi ini akan memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengelola email Anda, berhubungan dengan rekan-rekan dalam jejaring sosial Anda, mengelola koleksi foto dan video, menulis dan menyunting konten dalam blog pribadi Anda, berbagi file dengan rekan-rekan Anda hingga membatasi kegiatan online anak-anak Anda agar terhindar dari akses terhadap konten yang tidak diinginkan.

Salah satu fitur unggulan dari Windows Live Essentials 2011 adalah integrasi secara penuh dengan beberapa layanan jejaring sosial populer saat ini seperti misalnya Facebook, LinkedIn dan MySpace. Kemudahan pakai juga akan Anda dapatkan pada paket aplikasi ini. Sebuah wizard yang tampak sederhana akan selalu menuntun Anda langkah demi langkah saat menjalankan aplikasi pertama kali. User interface berbasis Ribbon yang tengah menjadi trend saat ini juga sudah mulai diterapkan pada semua aplikasi yang disertakan.

Selain menyediakannya secara gratis ke kalangan publik, menurut rencana Microsoft juga akan memuat paket aplikasi ini sebagai paket pra-install yang disertakan bersama penjualan PC baru. Salah satu vendor besar yaitu Dell sudah menyatakan ketertarikannya untuk membundel paket aplikasi ini dalam penjualan PC baru mereka.

Lalu aplikasi apa saja yang terdapat didalam Windows Live Essentials 2011 ini? Berikut ini ulasan singkatnya.

01. Windows Live Mail

Windows Live Mail merupakan versi dekstop dari layanan webmail yang disediakan Windows Live. Jika Anda menggunakan Windows 7 dan tidak menggunakan aplikasi Outlook dari keluarga Microsoft Office, maka Windows Live Mail akan menjadi aplikasi pengolah email default untuk Windows 7 Anda, karena seperti kita ketahui bahwa secara default Windows 7 memang tidak menyediakan aplikasi pengolah email seperti halnya Windows Vista ataupun Windows XP.

Data-data email Anda pada Windows Live Mail dapat dikelola dengan baik dan mudah seperti halnya versi onlinenya. Anda dapat membuat folder-folder khusus untuk menampung email Anda termasuk membuat rules untuk menyaring email berdasarkan kriteria tertentu. Dukungan terhadap multi account email akan memberi Anda kemudahan jika Anda memiliki beberapa account email dari layanan email yang lain, seperti misalnya dari Hotmail atau Gmail. Semua account email tersebut dapat Anda tambahkan pada Windows Live Mail. Dengan demikian, Anda cukup menggunakan Windows Live Mail saja untuk mengatur semua email Anda tanpa harus membuka aplikasi yang lainnya lagi.

mail_012

Walaupun tidak selengkap dan secanggih Microsoft Outlook, Windows Live Mail juga menyediakan sarana untuk menyimpan kontak rekan-rekan Anda hingga mengatur jadwal kerja Anda dengan menggunakan fitur Calendar. Bahkan berkat adanya integrasi dengan layanan jejaring sosial populer seperti Facebook dan LinkedIn, maka kontak rekan-rekan Anda pada layanan jejaring sosial tersebut akan dimuat secara otomatis didalam kontak Windows Live Mail Anda.

mail_025

02. Windows Live Messenger

Pada dasarnya Windows Live Messenger merupakan aplikasi untuk chatting, dimana Anda dapat menambahkan Windows Live ID rekan-rekan Anda lalu berkomunikasi dengan mereka seperti halnya aplikasi chatting lainnya seperti Yahoo! Messenger atau Google Talk. Namun kini fungsi dari aplikasi ini diperluas, tidak hanya sekedar untuk chatting namun Anda pun dapat berinteraksi dengan rekan-rekan dalam jejaring sosial Anda.

messenger_012

Semua kegiatan Anda dalam layanan jejaring sosial tersebut dimuat dalam satu tampilan tunggal oleh Windows Live Messenger. Dengan mudah Anda dapat mengupdate status Anda, melihat status rekan-rekan Anda, menambahkan komentar, mengupload foto dan tentunya chatting dengan rekan-rekan pada jejaring sosial Anda. Jika koneksi Internet yang Anda gunakan cukup cepat, Anda bahkan dapat melakukan video-chat dalam format tampilan HD (High Definition). Dan tentunya semua kegiatan tersebut bisa Anda lakukan cukup dengan menggunakan aplikasi Windows Live Messenger saja tanpa harus membuka browser Internet lagi.

messenger_022

03. Windows Live Mesh

Windows Live Mesh sempat berganti nama menjadi Live Sync dan kini kembali menggunakan nama Live Mesh lagi. Ada 2 fitur utama yang akan Anda dapatkan pada aplikasi ini. Yang pertama adalah sinkronisasi data antar PC atau sinkronisasi data dengan media penyimpanan online Live Mesh. Anda tinggal menentukan folder mana di PC yang ingin di-sinronkan lalu tempatkan data-data Anda didalamnya, dan Windows Live Mesh secara otomatis akan melakukan proses sinkronisasi ke semua media yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Sinkronisasi data ini jelas sangat berguna untuk keperluan backup data ataupun jika Anda ingin berbagi data dengan rekan Anda yang berjauhan, apalagi Windows Live Mesh menyediakan kapasitas simpan online hingga 5 GB yang rasanya sudah sangat mencukupi untuk menyimpan data-data Anda.

mesh_012

Fitur yang kedua dari Windows Live Mesh adalah fitur Remote yang memungkinkan Anda untuk mengontrol PC lain seperti halnya fitur Remote Desktop Connection pada Windows. Tidak ada batasan jarak disini. Selama PC yang hendak Anda kontrol terhubung ke Internet dan telah terpasang juga aplikasi Windows Live Mesh maka Anda dapat mengontrolnya dari manapun.

mesh_022

Bersambung ke Part 2.

 

Comments 1

Leave a Reply