Windows Live Essentials 2011 (Part 2)

Pada tulisan sebelumnya Anda sudah mengenal ketiga aplikasi dari Windows Live 2011, yaitu Windows Live Mail untuk urusan manajemen email Anda, lalu Windows Live Messenger untuk urusan chatting berikut sosialisasi dalam jejaring sosial Anda, serta Windows Live Mesh untuk urusan sinkronisasi data dan remote. Berikutnya di Part ke-2 ini, kita akan lihat beberapa aplikasi lainnya yang jelas tidak kalah menariknya, yaitu Windows Live Photo Gallery, Windows Live Movie Maker, Windows Live Writer, Windows Live Family Safety, Windows Live Messenger Companion, Bing Bar dan yang terakhir Outlook Connector Pack.

04. Windows Live Photo Gallery

Anda dapat menggunakan aplikasi Windows Live Photo Gallery untuk mengatur koleksi foto digital Anda. Koleksi foto Anda dapat ditempatkan dalam beragam galeri yang dapat Anda buat sendiri. Fitur penyuntingan sederhana jelas disediakan. Anda dapat merubah ukuran foto, mengatur tingkat pencahayaannya, mengatur warnanya hingga menambahkan efek-efek sederhana untuk mempercantik foto Anda.

photo-gallery_012

Dukungan online tentunya disertakan juga dalam aplikasi ini. Dengan mudah Anda dapat mengirimkan foto Anda lewat email atau menguploadnya ke account jejaring sosial Anda. Bahkan dengan bantuan aplikasi Windows Live Writer maka Anda dapat mempostingnya dengan mudah ke blog pribadi Anda.

Yang menarik, Windows Live Photo Gallery juga dapat mengatur dan menampilkan file-file Video Anda sekaligus menguploadnya ke layanan Youtube jika diinginkan.

photo-gallery_022

05. Windows Live Movie Maker

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk menyunting file-file Video Anda. Anda dapat menambahkan musik, judul hingga caption pada video Anda. Dan agar video tampak lebih indah lagi, maka Anda dapat menggunakan beragam efek transisi, Pan dan Zoom hingga Visual Effect yang semuanya dapat Anda terapkan dengan sangat mudah. Untuk penyuntingan lebih lanjut, Windows Live Movie Maker juga menyediakan perintah untuk memotong durasi video serta membagi video kedalam beberapa bagian terpisah. Dukungan online seperti misalnya upload video ke layanan Youtube tentunya disertakan juga didalam aplikasi ini.

movie-maker2

06. Windows Live Writer

Windows Live Writer adalah sebuah blog editor versi desktop yang menyediakan kemudahan dalam menulis ataupun meng-update tulisan yang telah diposting sebelumnya di blog pribadi Anda. Aplikasi ini mendukung hampir sebagian besar layanan blog yang umum digunakan saat ini seperti misalnya WordPress, Blogspot, Windows Live Spaces, TypePad dan lain sebagainya. Anda dapat menambahkan beberapa layanan blog sekaligus kedalam aplikasi ini dan hanya dibutuhkan beberapa klik mouse saja untuk mulai menulis di layanan blog yang berbeda, tentunya tanpa harus membuka lagi browser Internet.

Bidang kerja Windows Live Writer hampir menyerupai Wordpad default Windows. Perintah-perintah penyuntingan teks standar akan Anda temukan didalamnya, demikian halnya dengan perintah untuk menyisipkan gambar termasuk media lainnya juga dapat Anda gunakan dengan mudah.

writer_012

Aplikasi ini juga mendukung tampilan WYSIWYG, artinya saat menulis, Anda dapat langsung melihat seperti apa tampilan dari tulisan tersebut sebelum Anda publish di Internet.

writer_022

07. Windows Live Family Safety

Aplikasi ini sangat berguna bagi para orang tua yang masih memiliki anak dibawah umur. Fungsi utamanya adalah mengontrol sekaligus mengawasi perilaku anak-anak saat menggunakan PC. Anda dapat mengatur perilaku anak Anda saat menggunakan koneksi internet, mengatur batasan games yang boleh dimainkan dengan berdasar kepada ratingnya atau menjaga agar program atau aplikasi tertentu tidak dapat digunakan oleh anak Anda.

family-safety_012

Cara kerja Windows Live Family Safety sangat sederhana, yaitu Anda tinggal memilih nama user di PC yang hendak Anda awasi, dalam hal ini nama user yang digunakan oleh anak Anda untuk login kedalam PC. Berikutnya Anda tinggal mengatur tingkat pengawasannya dan jika diinginkan Anda juga dapat melihat laporan aktifitas anak Anda tersebut selama menggunakan PC.

family-safety_022

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka anak-anak Anda dapat terhindar dari konten-konten yang memang belum diperuntukan bagi mereka, misalnya seperti konten yang mengandung kekerasan hingga pornografi.

08. Windows Live Messenger Companion

Windows Live Messenger Companion merupakan add-in untuk Internet Explorer. Add-in ini memungkinkan Anda untuk saling berbagi alamat situs web dengan rekan-rekan Anda, termasuk mempublishnya ke account layanan jejaring sosial Anda. Sebagai contoh, saat Anda membuka sebuah situs web yang dirasa menarik, Anda tinggal meng-klik tombol Messenger Companion pada toolbar Internet Explorer untuk langsung memberitahukan alamat situs web tersebut ke rekan-rekan Anda. Jika diinginkan, Anda juga dapat menambahkan komentar serta menambahkan deksripsi singkat pada alamat situs yang hendak Anda publish tersebut.

messenger-companion2

09. Bing Bar

Bing Bar juga merupakan add-in untuk Internet Explorer. Add-in ini akan menambahkan sebuah toolbar baru yang berisikan seperangkat tools dengan beragam fungsi yang berbeda, seperti misalnya shortcut cepat untuk menggunakan layanan bing, menampilkan informasi cuaca, melihat berita-berita terbaru dan lain sebagainya.

bing-bar2

10. Outlook Connector Pack

Aplikasi yang terakhir adalah Outlook Connector Pack yang berisikan seperangkat add-in bagi para pengguna aplikasi Microsoft Outlook serta pengguna layanan Hotmail dari Windows Live. Ada 2 buah add-in yang disertakan. Add-in yang pertama adalah Outlook Hotmail Connector. Add-in ini memungkinkan Anda untuk mengatur account Hotmail Anda termasuk email, kalendar dan daftar kontak langsung dari dalam aplikasi Microsoft Outlook. Dan Add-in yang kedua adalah Outlook Social Connector yang dapat menghubungkan daftar kontak rekan-rekan Anda pada layanan Windows Live Messenger pada aplikasi Microsoft Outlook.

outlook-connector2

Sekarang, setelah Anda mengetahui beberapa aplikasi yang terdapat pada Windows Live Essentials 2011 ini, Anda mungkin tertarik untuk mencobanya sendiri. Tulisan berikutnya akan membahas bagaimana cara meng-installnya.

Comments 1

Leave a Reply