Mengolah Tabel Data dari Web pada Aplikasi Excel

Aplikasi Excel bisa digunakan untuk mengolah tabel-tabel data yang berasal dari website tertentu. Syaratnya tentu saja data yang akan diambil dari website tersebut memang sudah berbentuk tabel. Caranya secara garis besar sama dengan mengambil data dari Google Sheet yang sudah pernah saya buatkan tutorialnya disini.

Sebagai contoh, misalkan saja kita membutuhkan data kurs mata uang asing. Kebetulan di website Bank Indonesia, kita dapat melihat data kurs ini. URL-nya adalah: https://www.bi.go.id/id/statistik/informasi-kurs/transaksi-bi/default.aspx

Agar data-data ini bisa diolah lebih lanjut pada Excel, kita salin dulu URL lengkapnya. Kemudian pindah ke aplikasi Excel lalu klik tab Data > Get Data, pilih From Other Sources, lalu pilih from Web. Pada kotak dialog yang ditampilkan Paste URL yang sudah kita salin tadi lalu klik OK.

Berikutnya pada kotak dialog Access Web Content, klik Connect.

Pada jendela Navigator, data pada Table 1 yang dibutuhkan, jadi kita pilih Table 1, lalu klik tombol panah kecil di sebelah tombol Load, lalu pilih Load to.

Pada kotak dialog Import Data, sebagai contoh kita tempatkan datanya pada sheet Excel, jadi kita pilih Table, Existing Worksheet, dan alamat selnya misalkan saja A1. Klik tombol OK.

Perhatikan hasilnya, aplikasi Excel sudah berhasil mengambil tabel data kita pada website tadi.

Berikutnya tentu saja kita tinggal mengolah data-data ini sesuai dengan kebutuhan.

Agar tutorial ini lebih jelas, saya sudah buatkan juga videonya di Channel Youtube saya berikut ini.

Mudah-mudahan bermanfaat :)

 

Leave a Reply