Review Singkat Microsoft Office versi Web yang Bersifat GRATIS !

Mungkin banyak yang masih belum mengetahui bahwa aplikasi Microsoft Office juga tersedia versi web-nya dan bahkan dapat digunakan secara gratis. Aplikasi yang disediakannya juga sangat lengkap, mulai dari aplikasi standar Office seperti Word, Excel, dan Powerpoint, hingga aplikasi-aplikasi pendukung lainnya.

Memang fitur-fiturnya tidak selengkap Office versi desktop atau versi yang berbayar, namun bagi kalangan pelajar maupun pekerja dengan aktifitas pekerjaan yang tidak terlalu kompleks, rasanya Office versi web ini sudah sangat mencukupi.

Untuk menggunakan Microsoft Office versi web ini caranya sangat mudah. Tinggal jalankan browser Internet lalu masuk ke situs https://office.com dan login dengan Microsoft Account.

Jika belum memiliki Microsoft Account, tinggal buat dulu saja di situs https://account.microsoft.com. Jangan khawatir karena pembuatan account ini gratis alias tidak dipungut bayaran apapun.

Kelebihan dari Microsoft Office versi web ini adalah:

  • Sifatnya GRATIS alias tidak ada biaya lisensi apapun
  • Aplikasinya bisa digunakan dimana saja dan pada sistem operasi apapun, selama ada web browser dan akses internet.
  • Tampilannya menyerupai Microsoft Office versi desktop.
  • Fitur atau perintah-perintah yang umum digunakan pada Microsoft Office versi desktop juga bisa digunakan pada versi web ini.
  • Selalu menggunakan versi Office yang terbaru.

Dan untuk kekurangannya adalah:

  • Bergantung dengan akses internet, jadi kita tidak bisa bekerja secara offline karena harus tetap terhubung dengan internet.
  • Fitur atau perintah-perintah lanjutan tidak disediakan.
  • Kapasitas penyimpanan onedrive yang terbatas.

Kesimpulannya, dari sisi fungsionalitas dan kemudahan dalam bekerja, Microsoft Office versi desktop jelas lebih unggul, namun jika aktifitas pekerjaan kita sehari-hari yang terkait dengan Office tidak terlalu kompleks dan kita punya akses internet yang cukup stabil, maka Microsoft Office versi web ini sangat layak untuk digunakan, baik sebagai alternatif maupun untuk menggantikan Microsoft Office versi desktop.

Panduan menggunakan Microsoft Office versi Web secara GRATIS ini juga bisa dilihat di Channel Youtube saya:

Mudah-mudahan bermanfaat :)

Leave a Reply