Mendayagunakan Laptop Rusak

Kebetulan di rumah saya memiliki sebuah Laptop yang sudah tidak berfungsi dengan normal atau bisa dibilang rusak, padahal spesifikasi Laptop tersebut bisa dibilang cukup bagus, yaitu Processor Intel i3 dengan RAM 8GB. Yang rusak dari Laptop tersebut adalah Display atau layarnya yang mati total, modul Wireless mati, Touchpad dan Keyboard error, dan yang terutama Processor selalu Overheat.

Sebetulnya masih bisa diperbaiki sih ke Service Center resmi atau ke tempat reparasi Laptop lainnya, namun biayanya relatif cukup tinggi mengingat harus ganti Display, ganti beberapa kabel fleksible, serta ganti HSF Processor.

Akhirnya daripada nganggur gak keruan, saya bongkar aja sekalian :) Cara membongkar Laptop ini tidak akan ditulis disini karena bisa ditemukan dengan mudah di Youtube, atau bisa juga dengan membaca buku panduan Laptop-nya.

Dan beginilah kondisi saat proses pembongkaran yang nampak sangat berantakan :D

mendayagunakan-laptop-01

Kemudian saya lepas Dislay, Keyboard, Casing, DVD-Drive, kabel-kabel Fleksible, hingga akhirnya hanya tersisa Mainboard, dan modul RAM. Kemudian semua komponen-komponen hasil pembongkaran yang sekiranya tidak akan dipakai saya rapihkan, siapa tau someday ada gunanya :)

mendayagunakan-laptop-02

Mainboard saya bersihkan dari debu. HSF Processor saya lepas dan dibersihkan dari debu, sekalian ganti Thermal Pastenya juga. Kemudian saya coba hidupkan Laptop tersebut dengan menghubungkannya ke Monitor biasa. Dan ternyata bisa hidup dan tampaknya berjalan dengan normal.

Sekalian saya pasang Hardisk, Keyboard Wireless, dan testing install Linux Ubuntu :)

mendayagunakan-laptop-03

mendayagunakan-laptop-04

Berikutnya saya biarkan Laptop tersebut menyala selama dua hari penuh atau sekitar 48 jam. Maksudnya untuk melihat apakah terjadi error atau anomali lainnya. Dan hasilnya ternyata berfungsi dengan normal. Processor juga tidak mengalami Overheat, mungkin karena berada dalam kondisi terbuka jadi suhu panasnya bisa lebih menyebar ke udara terbuka.

Akhirnya untuk sementara Mainboard tersebut saya simpan di belakang Monitor, dan kemudian dirapihkan serta dilengkapi dengan Speaker serta Mouse Wireless. Lumayan untuk sekedar browsing Internet, nonton Film ataupun untuk main-main anak :)

mendayagunakan-laptop-05

Namun hasil ini tentu saja belum final karena Mainboard masih terbuka begitu saja. Rencana saya untuk oprekan berikutnya adalah merapihkan Mainboard tersebut, entah dengan cara apa, karena kemungkinan besar hasil pembongkaran ini akan saya hubungkan saja ke TV agar bisa difungsikan sebagai Media Player :)

Leave a Reply