Menentukan Lokasi Tujuan pada Windows Mobile 6.1 dengan Garmin Mobile XT dan Garmin POI Loader (Part 1)

Salah satu alasan saya untuk tetap setia dengan device HTC Kaiser yang masih menggunakan Windows Mobile 6.1 ini adalah kemampuan GPS-nya dengan bantuan app Garmin Mobile XT yang untuk saya sendiri cukup bisa diandalkan. Apalagi adanya kemudahan untuk menambahkan lokasi / tempat tujuan tertentu (POI – Point of Interest) yang belum ada didalam database Garmin. Caranya yaitu dengan menggunakan software Garmin POI Loader yang bersifat gratis. Bagaimana cara menggunakan Garmin POI Loader tersebut, berikut ini langkah-langkahnya.

Download Garmin POI Loader di situs berikut ini:
http://www8.garmin.com/products/poiloader/

Setelah proses download selesai, tinggal lakukan instalasi di komputer / laptop kita seperti instalasi software pada umumnya. Lalu buat folder di komputer untuk menampung file-file POI yang akan dibuat. Sebagai contoh saya membuat folder di D:\Data\GPS\POI.

Buka Internet Browser lalu cari lokasi yang menjadi tujuan perjalanan kita dengan menggunakan Wikimapia (http://wikimapia.org). Sebagai contoh saya mencari lokasi sebuah hotel yang bernama Hotel Bumi Kitri di Bandung. Pada Wikimapia, Hotel tersebut tampak seperti gambar berikut ini. Pastikan tanda plus pada Wikimapia tersebut terletak di lokasi tujuan kita.

005-resize5

Berikutnya perhatikan Address-bar di browser, kita akan menemukan nilai latitude dan longitude dari lokasi tersebut.

lat-lon[4]

Buka Notepad lalu ketikan nilai-nilai tersebut berikut nama lokasi yang kita inginkan dengan format sebagai berikut:

longitude, latitude, “Nama Lokasi”

Pastikan tidak terdapat kesalahan untuk nilai latitude dan longitude, sementara untuk nama lokasi bisa kita isikan dengan bebas, namun tentunya diusahakan agar nama tersebut lengkap dan jelas. Contohnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

csv-screen2[2]

Simpan file tersebut ke folder yang telah dibuat sebelumnya dalam format CSV (Comma Separated Value) tentunya dengan nama file yang sesuai. Pada notepad, kita dapat menggunakan tanda kutip pada nama file-nya agar file tersebut tersimpan dalam format CSV.

image[2]

Setelah selesai, hubungkan device Windows Mobile kita ke komputer / laptop. Lalu jalankan Garmin POI Loader. Klik tombol Next di kotak dialog yang pertama.

poi-01[5]

Berikutnya klik pada pilihan Garmin Device dan klik tombol Next untuk melanjutkan.

poi-02[2]

Secara otomatis, Garmin POI Loader akan mendeteksi device yang terpasang, kita dapat menggunakan tombol Find Device jika device belum terdeteksi. Di bagian Storage Location, kita dapat memilih dimana file POI akan disimpan pada device Windows Mobile kita. Sebagai contoh, saya memilih Storage Card untuk menyimpan file POI tersebut pada memori external. Lanjutkan dengan meng-klik tombol Next.

poi-03[2]

Pada kotak dialog berikutnya, klik pada pilihan Install new custom POI’s onto your device dan klik tombol Next untuk melanjutkan.

poi-04[2]

Berikutnya tentukan dimana file-file POI tersimpan di komputer kita, tentunya pada folder yang telah dibuat sebelumnya, dalam contoh ini yaitu di D:\Data\GPS\POI. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

poi-05[2]

Tunggu beberapa saat, POI Loader akan meng-upload file POI kedalam device Windows Mobile kita. Akhiri proses dengan meng-klik tombol Finish.

poi-06[5]

Sampai tahap ini, POI yang dalam contoh ini adalah lokasi Hotel Bumi Kitri telah dimuat didalam database Garmin pada device Windows Mobile kita. Langkah terakhir tentunya adalah melepaskan kabel data penghubung dari komputer / laptop ke device Windows Mobile kita.

…bersambung ke part 2

 

Leave a Reply