Mengenal Fungsi XLOOKUP pada Excel


Fungsi XLOOKUP pada Excel

XLOOKUP adalah salah satu fungsi baru pada Excel yang kemungkinan akan menggantikan fungsi legendaris VLOOKUP dan HLOOKUP. Fungsi ini bisa didapatkan pada Excel for Microsoft 365 yang merupakan bagian dari Office 365. Secara garis besar kegunaannya hampir sama dengan VLOOKUP maupun HLOOKUP, yaitu untuk mengambil suatu nilai atau data dari data lainnya.

XLOOKUP hadir sebagai pelengkap fungsi-fungsi referensi yang telah ada sebelumnya pada Excel seperti VLOOKUP / HLOOKUP. Namun dibandingkan dengan VLOOKUP / HLOOKUP, fungsi XLOOKUP memiliki banyak kegunaan lain seperti misalnya untuk mengisi data pada beberapa kolom sekaligus, menghitung nilai pada rentang tanggal tertentu, dan dalam beberapa penggunaan tertentu, XLOOKUP ini bahkan dapat menggantikan peran fungsi INDEX dan MATCH.

Bagaimana konsep dasar fungsi XLOOKUP ini, seperti apa aturan penulisannya, argumen-argumen apa saja yang digunakan, serta contoh penggunaannya, silahkan disimak pada video tutorial berikut ini di Channel YouTube saya:

Demikian dan mudah-mudahan bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply