Menggunakan All-In-One Messenger pada Laptop

Saat ini hampir semua kalangan tidak bisa lepas dari layanan pesan instan dan email, terutama bagi kalangan sales, marketing, dan tentunya kalangan penjual online. Aktifitas chat dan berbalas email ini umumnya dilakukan lewat perangkat genggam. Namun jika diperhatikan, secanggih apapun perangkat genggam yang digunakan, entah itu Smartphone ataupun Tablet, urusan mengetik baik untuk aktifitas chat maupun email tetap jauh lebih cepat dan lebih nyaman jika dilakukan lewat Laptop. Apalagi jika kita menggunakan multiple perangkat, multiple account, dan lain sebagainya.

Nah, jika aktifitas keseharian Anda memang banyak berurusan dengan chat, email, termasuk sosial media, maka sebagai bantuan Anda dapat menggunakan software yang termasuk kedalam kategori All-In-One Messenger pada Laptop Anda. Sesuai dengan namanya, software kategori ini dapat terhubung dengan beragam layanan chat populer, email, termasuk sosial media. Semuanya dikemas dalam satu tampilan tunggal untuk mempermudah Anda dalam berpindah dari satu layanan ke layanan lainnya dengan cepat tanpa harus berpindah-pindah antar perangkat genggam lagi.

Menggunakan All-In-One Messenger pada Laptop

Ada 3 software yang sempat saya coba. Dua software sifatnya gratis dan satu lagi berbayar. Ketiga software yang saya coba ini dapat berjalan pada platform Windows, Linux, ataupun Mac.

1. Franz

Franz adalah software pertama yang saya coba dan kebetulan sudah sekitar satu tahun lebih saya aktif menggunakannya. Sifat software ini gratis dengan tampilan antar muka yang cukup jelas serta performance yang lumayan cepat.

Gambar berikut ini adalah contoh tampilan pengaturan layanan pada Franz yang sempat saya gunakan. Pada gambar dapat dilihat bahwa cukup dengan menggunakan 1 software saja maka saya bisa menggunakan 2 account WhatsApp, 2 account Telegram, LinkedIn Message, Facebook Messenger, 3 account Gmail, account Outlook, Twitter, hingga Skype :)

Menggunakan All-In-One Messenger

Berikut ini contoh tampilan salah satu account Gmail saya pada Franz.

Menggunakan All-In-One Messenger

Berikut ini contoh tampilan account Twitter saya pada Franz.

Menggunakan All-In-One Messenger

Jumlah layanan yang didukung Franz paling sedikit jumlahnya dibandingkan software lainnya. Saat tulisan ini saya buat, ada sekitar 34 layanan yang didukung yaitu:

ChatWork, Cisco Spark, Couple.me, DingTalk, Discord, Facebook Page, Flowdock, Gitter, Gmail, Grape, GroupMe, Hangouts, Hibox, HipChat, ICQ, Inbox by Gmail, IRCCloud, LinkedIn, Mattermost, Messenger, MySMS, Outlook.com, Rocket.Chat, Skype, Slack, Steam Chat, Telegram, TweetDeck, VK, WeChat, WhatsApp, Wire, Yahoo! Messenger, Zendesk.

Jika Anda berminat untuk mencoba Franz, silahkan download pada tautan resminya di:
http://meetfranz.com

2. Manageyum

Sepanjang pengetahuan saya Manageyum ini yang usianya paling muda. Sifatnya trial dan kemudian berbayar, namun bisa gratis jika kita me-refer 5 teman kita untuk ikut menggunakan software ini.

Saat saya coba pertama kali performancenya paling cepat dengan tampilan yang ringkas dan jelas. Sayangnya saat mulai menambahkan layanan-layanan lainnya software ini seringkali error hingga akhirnya “untuk sementara” saya memutuskan untuk tidak mencobanya lebih lanjut. Mungkin nanti pada update versi selanjutnya saya akan mencobanya kembali.

Berikut ini tampilan awal Manageyum setelah instalasi.

Menggunakan All-In-One Messenger

Berikut ini contoh tampilan error yang sering saya dapatkan saat mencoba software ini.

Menggunakan All-In-One Messenger

Saat tulisan ini saya buat, ada sekitar 37 layanan yang didukung Manageyum yaitu:

Asana, Basecamp, Bitbucket, Closedotio, Confluence, Evernote, Freshdesk, Github, Gitter, Gmail, Google Calendar, Google Drive, Hangouts, Helpscout, Hipchat, Hubspot, Inbox by Gmail, Intercom, Jira, LinkedIn, Messenger, Olark, Outlook, Producthunt, Pura, Salesforce, Skype, Slack, Teamwork, Telegram, Todoist, Trello, Tweetdeck, Twitter, Whatsapp, Wunderlist, Zendesk.

Jika Anda berminat untuk mencoba Manageyum, silahkan download pada tautan resminya di:
http://manageyum.com

3. Rambox

Saya berhenti menggunakan Franz setelah saya mencoba Rambox ini. Sifatnya sama dengan Franz yaitu gratis. Dari sisi performance serta tampilan mungkin tidak begitu jauh beda dengan Franz, namun Rambox ini punya beberapa kelebihan dibandingkan software lainnya yaitu:

  • Tersedia versi portable, jadi tidak perlu proses instalasi untuk menggunakan Rambox, cukup ekstrak dan jalankan file executable-nya.
  • Ada semacam fitur sinkronisasi layanan, jadi jika saya menggunakan Rambox di Laptop lainnya, maka layanan-layanan yang sudah saya gunakan bisa tetap sama, walaupun tetap dibutuhkan login ulang pada tiap-tiap layanan tersebut.
  • Jumlah layanan yang didukungnya sangat banyak. Rambox bahkan sudah mendukung layanan Office 365 hingga Microsoft Teams yang relatif masih baru.

Berikut ini contoh tampilan account Outlook.com saya pada Rambox.

Menggunakan All-In-One Messenger

Berikut ini contoh tampilan salah satu account WhatsApp saya pada Rambox.

Menggunakan All-In-One Messenger

Berikut ini contoh tampilan salah satu account Telegram saya pada Rambox.

Menggunakan All-In-One Messenger

Satu-satunya kekurangan Rambox bagi saya adalah tab untuk tiap layanan akan terpasang secara horisontal tanpa fitur Wrap, artinya jika layanan yang kita gunakan banyak, maka saya harus menggeser tab-tab di bagian atas untuk menggunakan layanan lainnya. Sementara tab layanan pada Franz memiliki fitur Wrap yang artinya secara otomatis akan bergeser ke bagian bawah mengikuti besaran Windows. Contohnya seperti tampak pada gambar berikut ini.

Menggunakan All-In-One Messenger

Menggunakan All-In-One Messenger

Seperti telah disebutkan diatas, Rambox mendukung layanan yang paling banyak dibandingkan software lainnya. Saat tulisan ini saya buat, ada sekitar 88 layanan yang didukung Rambox yaitu:

Aim, Amium, Aol, BearyChat, ChatWork, Cisco Spark, ClockTweets, Crisp, Dasher, DingTalk, Discord, Drift, FastMail, Fleep, Flock, Flowdock, FreeNode, Gitter, Glip, Gmail, Grape, GroupMe, Hangouts, Hibox, HipChat, Hootsuite, Horde, Hushmail, iCloud Mail, ICQ, Inbox by Gmail, Intercom, IRCCloud, Jandi, Kaiwa, Kezmo, Kiwi IRC, LinkedIn, Mastodon, Mattermost, Messenger, Facebook Page, Mighty Text, Missive, Movim, MySMS, Noysi, Openmailbox, Outlook, Outlook 365, ProtonMail, ProtonMail CH, Pushbullet, RainLoop, Riot, Rocket Chat, Roundcube, Ryver, Skype, Slack, Smooch, Socialcast, SquirrelMail, Steam Chat, Sync, Teams, Teamwork Chat, Telegram, The Lounge, Threema, Tutanota, TweetDeck, Typetalk, VK Messenger, Voxer, WeChat, WhatsApp, Wire, Workplace, Xing, Yahoo! Mail, Yahoo! Messenger, Yandex Mail, Zimbra, Zinc, Zoho Chat, Zoho Email, Zyptonite

Jika Anda berminat untuk mencoba Rambox, silahkan download pada tautan resminya di:
http://rambox.pro

Penutup

Nah, demikian sekedar tulisan ringan tentang perbandingan singkat beberapa software All-In-One Messenger yang bisa digunakan pada Laptop. Dengan adanya software-software ini maka Smartphone cukup kita simpan saja diatas meja atau didalam laci karena semua urusan chat, email, dan interaksi sosial media akan ditangani oleh software-software ini.

Akhir kata, mudah-mudahan tulisan ini ada gunanya buat siapapun yang sudah nyasar ke weblog ini :)

 

Leave a Reply