Menggunakan Storage NVMe SSD


Setelah beberapa bulan digunakan, akhirnya storage di laptop Lenovo Yoga 520 yang saya gunakan mulai terasa penuh dan sesak. Kapasitas hardisknya sebetulnya 500 GB, namun karena saya bagi menjadi 2 volume yaitu drive C dan D, juga karena banyaknya VM yang saya gunakan, akhirnya ya mulai menipis juga kapasitasnya. Sempat berpikir untuk mengganti hardisk dengan kapasitas yang lebih besar, misal 1 TB, namun untungnya saya ingat bahwa di laptop yang saya gunakan ada slot NVMe yang nganggur alias belum terpakai.

NVMe (non-volatile memory express) is a host controller interface and storage protocol created to accelerate the transfer of data between enterprise and client systems and solid-state drives (SSDs) over a computer’s high-speed Peripheral Component Interconnect Express (PCIe) bus.

(https://searchstorage.techtarget.com/definition/NVMe-non-volatile-memory-express)

Akhirnya lewat Tokopedia, saya coba beli produk NVMe SSD dari Samsung yaitu Samsung 960 EVO M.2 yang berkapasitas 250 GB. Kenapa gak sekalian 500 GB? alasannya sederhana, karena harganya mahal dan takut gak jalan di laptop saya :P

Berikut ini penampakan kemasan-nya.

NVMe SSD

NVMe SSD

NVMe SSD

Berikut ini penampakan kepingan SSD-nya. Ukurannya hampir sama dengan ukuran RAM untuk PC.

NVMe SSD

NVMe SSD

Untuk urusan pemasangan relatif mudah karena tidak mungkin terbalik. Tinggal pasang di slot yang disediakan lalu kencangkan dengat baut kecil di bagian bawahnya. Dan seperti inilah penampakannya setelah terpasang.

NVMe SSD

Hasilnya sekarang sudah terpasang 2 buah storage di laptop saya. Storage yang pertama adalah NVMe SSD yang akan saya isi dengan Sistem Operasi Windows lalu storage yang kedua menggunakan SSD biasa yang akan saya isi dengan data-data saja.

Lalu bagaimana dengan performance laptop setelah menggunakan NVMe ini? Perhatikan video berikut ini. Hanya butuh sekitar 14 detik saja dari awal saya menekan tombol power laptop hingga desktop Windows siap digunakan :)

 

Catatan:

Demikian tulisan singkat ini dan mudah-mudahan ada gunanya buat siapapun yang sudah nyasar ke weblog ini.

Be the first to comment

Leave a Reply