Presentasi “Word 2010, the Forgotten Features” bersama PT Value Stream International

Hari Jum’at, tanggal 13 Mei 2011, saya diundang oleh Wakil Ketua komunitas Microsoft User Group Indonesia chapter Bandung (MUGI-Bandung), yaitu Ario Jatmiko ke sebuah company yang bernama VSI (PT. Value Stream International). VSI ini adalah company yang membuat solusi untuk sistem transaksi Data Center, Transaksi Gateway (Payment Gateway), Switching Provider, Application Provider untuk Payment Point, serta Rekonsiliasi dan Pelaporan. Company ini juga merupakan pelopor solusi Payment Gateway untuk PLN Distribusi DKI Jakarta dan Banten.

Maksud dari undangan itu adalah saya diminta untuk menyampaikan presentasi atau bisa dibilang pencerahan seputar penggunaan aplikasi Microsoft Office 2010 bagi sekitar 20-an staff VSI yang memang aktifitas sehari-harinya berurusan dengan aplikasi Office tersebut, terutama aplikasi Word dan Excel. Acaranya sendiri tidak dibuat serius, namun cukup dengan menggelar tikar sambil lesehan. Dengan suasana seperti ini, acara pun terasa lebih santai hingga komunikasi / interaksi berada dalam suasana kekeluargaan.

Dalam kesempatan ini, saya jelas tidak sendirian. Presentasi dibuka oleh Ario yang menyampaikan sekilas tentang apa itu komunitas MUGI. Dan setelahnya barulah saya menyampaikan materi yang berjudul “Word 2010, the Forgotten Features“. Materi yang saya sampaikan ini mengulas tentang beberapa fitur yang sangat berguna pada aplikasi Word, namun sering dilupakan oleh pengguna.

image[27]

Presentasi terakhir disampaikan oleh Raddini Gusti Rahayu yang membawakan materi seputar penggunaan aplikasi Excel untuk meningkatkan produktifitas dalam dunia kerja. Btw, ini kali kedua saya berada dalam event yang sama dengan Raddini, seorang Accounting yang sekaligus merupakan salah satu praktisi Excel di komunitas MUGI-Bandung. Berikut ini sekilas beberapa dokumentasi dari acara tersebut.

Pengenalan komunitas MUGI oleh Ario.

image[30]

Materi tentang Word oleh saya :)

image[31]

Materi tentang Excel oleh Raddini.

image[32]

Peserta dalam suasana santai. Ada yang bawa catatan dan ada juga yang praktek langsung dengan laptopnya.

image[38]

Peserta tampak serius menyimak setiap materi yang dibawakan.

image[39]

Peserta yang sedang berdiskusi dengan Raddini seputar aplikasi Excel.

image[33]

Demikian sekedar laporan singkat dari acara ini. Tertarik untuk bikin acara Knowledge-Sharing seperti ini? silakan bergabung dengan komunitas MUGI sekarang juga :)

 

Leave a Reply