Mengukur Kadar Oksigen Dalam Darah (Blood Oxygen) dengan Samsung Galaxy Note 9


Dalam masa pandemi ini, terutama untuk yang sedang menjalani isolasi mandiri, banyak yang menyarankan untuk rutin memeriksa kadar oksigen dalam darah, salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat yang bernama Oximeter (Pulse Oximeter).

Dikutip dari situs Alodokter, Oximeter termasuk alat yang penting terutama dalam masa pandemi ini karena kondisi kurangnya oksigen dalam tubuh umumnya tidak menimbulkan gejala. Dan disamping bisa membantu pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri, alat ini juga punya peran penting untuk mendeteksi kadar oksigen dalam darah yang bisa menurun akibat berbagai kondisi atau penyakit lain, seperti:

  • Gagal napas
  • Asma
  • Pneumonia
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)
  • Gagal jantung
  • Anemia
  • Asfiksia

Nah, untuk rekan-rekan yang kebetulan menggunakan smartphone Samsung Galaxy Note 9, ternyata tidak usah membeli Oximeter ini, karena ternyata Note 9 memiliki fitur untuk mengukur kadar oksigen dalam darah disamping mengukur detak jantung. Caranya sebagai berikut.

Sensor yang digunakannya sama dengan sensor untuk mengukur detak jantung, yaitu sensor yang ada di samping Camera belakang.

Tempelkan ujung jari ke sensor tersebut.

Jalankan aplikasi Samsung Health.

Tap tombol Measure di bagian Stress.

Usahakan santai dan jangan bergerak.

Progress pengukuran akan ditampilkan. Tunggu hingga selesai.

Dan hasilnya akan ditampilkan seperti gambar berikut ini.

Contoh pada gambar diatas dapat dilihat bahwa hasil pengukuran Blood Oxygen adalah 97% dan detak jantung 82 bpm. Selain itu dapat dilihat pula tingkat stress kita.

Hasil ini kemudian bisa disimpan. Jadi bila kita ukur secara berkala maka kita bisa melihat statistiknya dari waktu ke waktu.

Demikian tulisan singkat ini dan mudah-mudahan pandemi ini cepat berlalu. Aamiin YRA..

Be the first to comment

Leave a Reply